Merawat Sistem Kelistrikan Mobil: Detail dan Hati-Hati

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/07/31/Ay6TmsFs/t1-b81c.jpg”>

Dibandingkan perawatan mesin, pengecekan komponen kelistrikan seringkali terlupa setelah melakukan perjalanan jauh. Tindakan preventif untuk perawatan dan pencegahan kerusakan memang sangat diperlukan, karena komponen elektrikal dan pengapian sangat rentan terkena arus pendek atau terbakar. Untuk merawat sistem kelistrikan mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu;

1. Perhatikan Kondisi Kabel dan Soket

Perhatikan kondisi kabel-kabel beserta soketnya. Pertama, mulailah dari kabel busi, kabel distributor dan lainnya. Lapisan kabel yang terkelupas atau sobek sangat berpotensi menghasilkan hubungan arus pendek (korsleting) hingga membuat mobil tiba-tiba terbakar. Sementara kondisi soket yang kotor atau longgar akan mengganggu kerja pengapian.

Perhatikan selalu kondisi kabel dan soket pada kendaraan Anda

Bersihkan soket distributor jika terlihat kotor dengan cairan penetran agar tidak ada penumpukan karat. Setelah itu, jangan lupa untuk mengencangkan soket distributornya untuk mencegah potensi loncatan bunga api yang bisa menyulut api.

Baca Juga:  MPV Bermesin Diesel, Simak Tips Beli Chevrolet Spin Bekas

2. Hindari kebocoran cairan

Kebocoran cairan pelumas atau oli bisa langsung mempengaruhi sistem kelistrikan

Jaga komponen pengapian agar terhindar dari rembesan pelumas dan cairan lain karena akan menimbulkan korosif dan korsleting. Terlebih, periksa kondisi komponen pengapian selalu terhindar dari air apabila berkendara di musim hujan. Bahkan, usahakan untuk tidak menerobos genangan air yang bisa membuat air masuk ke ruang mesin dan akan membasahi komponen pengapian seperti kabel dan soket.

3. Rawat baterai/aki secara teratur

Secara berkala, periksa dan bersihkan baterai serta kabel baterai. Korosi akan menumpuk di bagian kabel baterai Anda. Sebaiknya, periksa baterai dan kabel sebulan sekali untuk memastikan tidak ada penumpukan korosi. Berikut cara membersihkan tiang dan kabel baterai:

Untuk menghindari korosi dan penurunan kemampuan baterai, lakukan perawatan berkala

Selain itu, jika baterai mobil Anda mendekati usia 4 hingga 5 tahun, baiknya diperiksa untuk mengetahui apakah baterai harus diganti. Masa umur baterai biasanya hanya bertahan 4-5 tahun, bahkan bisa lebih pendek apabila perawatan baterai tidak sempurna.

Baca Juga:  7 Hal yang Harus Dihindari ketika Mengemudikan Transmisi Otomatis

4. Perhatikan modifikasi kelistrikan

Karena semua kabel dan sistem kelistrikan kendaraan saling terhubung satu sama lain, kesalahan pada satu titik akan berdampak besar pada seluruh sistem. Tidak ada salahnya jika Anda ingin melakukan modifikasi yang berhubungan dengan kelistrikan mobil, seperti penambahan stereo atau lampu. Tapi pastikan untuk melakukan pengerjaan dengan teliti.

Meskipun menambah semarak mobil, jangan modifikasi kelistrikan mobil sembarangan

Selain itu, jangan asal pasang aksesori pengapian yang bisa berakibat fatal terhadap sistem kelistrikan mesin dan kendaraan. Jika ingin melakukan perubahan, jangan ragu untuk mendatangi bengkel modifikasi terpercaya di dekat Anda.

Yang terpenting dari merawat sistem kelistrikan mobil adalah perawatan berkala dan memperhatikan kerusakan sekecil apapun sebelum bertambah besar yang akhirnya bisa merugikan Anda. Karena sistem kelistrikan erat kaitannya dengan korsleting hingga kebakaran, perawatan diharapkan lebih hati-hati dan detail untuk seluruh komponen kelistrikan.

Baca Juga:  Persiapan Mudik Lebaran dengan Pasang Roof Rack, Perhatikan Hal Berikut!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *