Mengenal Sistem Keamanan Rem Parkir Ketika Anda Meninggalkan Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/04/07/Ay6TmsFs/c1-5af3.jpg”>

Banyak yang seakan melupakan menggunakan rem parkir ketika meninggalkan mobil. Bahkan, Anda juga harus menggunakan sistem keamanan rem parkir ini setiap kali Anda memarkirkan mobil meskipun Anda memiliki mobil matic.

Yang harus diketahui tentang rem parkir

Rem parkir merupakan komponen penting dari sistem keamanan kendaraan Anda dan harus digunakan secara teratur. Penggunaan rem tangan ini tidak hanya ketika Anda memarkirkan mobil di jalanan yang landau atau menurun, tapi di semua kondisi jalan. Sementara rem parkir biasanya diakui sebagai hal penting dalam kendaraan bertransmisi manual, rem parkir juga sama pentingnya dengan mobil matic.

Rem tangan sejatinya sangat penting ketika mobil diparkirkan

Ketika sebuah mobil matic berada di tempat parkir, perangkat di dalam transmisi yang disebut dengan “parking pawl” akan menyala. Parking pawl adalah sebuah pin logan yang terhubung pada cincin takik yang melekat pada proros output transmisi, Jika menyala, cincin ini akan membatasi output trasmisi berputar.

Baca Juga:  4 Cara Merawat Bagasi Mobil dengan Mudah

Sayangnya, parking pawl ini bisa pecah atau bahkan copot. Meskipun tidak biasa terjadi dan persentase terjadinya juga kecil, tapi Anda harus berjaga-jaga. Jika tidak, mobil Anda bisa saja maju dan bergerak dari tempat parkir, apalagi jika Anda parkir di tempat yang landai.

Rem parkir akan menjadi penahan kendaraan Anda berjalan ketika parking pawl copot atau pecah. Rem parkir adalah sistem manual yang akan menempatkan pegangan yang kuat pada mobil dibandingkan hanya memarkirkannya sembarangan.

Tempat dimana parking pawl pada sistem rem parking

Untuk transmisi manual, rem parkir sangat penting. Rem parkir akan membuat transmisi manual pada gigi tidak terkunci ketika kendaraan berada di tempat. Penanganan ini akan membuat mobil menjadi lebih sulit untuk digerakan, tapi masih bisa didorong. Rem parkir harus diaktifkan setiap saat kendaraan bertransmisi manual diparkirkan.

Baca Juga:  Cara Memeriksa dan Menambah Oli Power Steering

Cara rem parkir bekerja

Rem parkir adalah sistem mekanis yang sepenuhnya melewati sistem pengereman hidrolik untuk menghentikan mobil dalam keadaan darurat tau membiarkannya tetap di tempat selama mobil diparkirkan.

Kabel-kabel baja melekat pada tuas rem parkir dan ketika tuas ditarik, maka kabel akan menjadi kencang, lalu menarik tuas lain yang menekan sepatu rem pada drum brakes untuk menghentikan kendaraan atau menahannya di tempatnya. Pada rem cakram, ketika tuas rem ditarik, ia hanya mendorong piston ke bantalan rem untuk menghentikn kendaraan.

Yang harus diingat dalam menggunakan rem parkir

Kabel rem berkorosi akan menimbulkan masalah besar

Memarkirkan mobil tidak selalu tentang bagaimana Anda meletakkan mobil Anda di parkiran. Mengetahui sistem keamanan rem parkir bisa membantu Anda dalam menjaga mobil dan mencegah hal-hal yang tak terduga, seperti mobil yang bergerak ketika sedang diparkirkan karena terdorong mobil lain.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memilih Lampu LED Headlamp Mobil Sesuai dengan Kebutuhan Anda? Workshop Hogiori Punya Jawabannya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *