Mengenal Recall atau Penarikan Kembali Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/19/Ay6TmsFs/b4-0313.jpg”>

Penarikan kembali karena kecacatan yang dialami oleh kendaraan bukan hanya ketidaknyamanan bagi pengemudi, namun juga bisa mengakibatkan kecelakaan dan luka serius. Jika mobil atau kendaraan anda dikenai recall, anda memiliki hak tertentu sebagai konsumen. Selain itu, jika anda terluka akibat cacat kendaraan, anda bisa mengajukan tuntutan pada produsen mobil.

Kapan auto recall berlaku?

Standar keselamatan kendaraan bermotor menetapkan persyaratan kinerja maksimum untuk bagian kendaraan yang paling mempengaruhi sistem pengendaraan mobil (rem atau ban) atau sistem keselamatan pada mobil (kantung udara atau sabuk pengaman). Standar ini berlaku untuk semua kendaraan dan peralatan yang diproduksi atau diimpor untuk dijual.

Beberapa produsen mobil pernah melakukan recall

Mobil yang diproduksi secara masal dan untuk penggunaan jalan umum atau jalan raya juga bisa mendapatkan penarikan kembali. Penarikan kembali menjadi sangat penting saat kendaraan bermotor atau mobil (termasuk ban) tidak sesuai dengan standar keselamatan.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Jika Ingin Kabin Mobil Selalu Wangi

Cara Penarikan Kembali

Jika produsen mengeluarkan isu penarikan mobil, mereka bisa memberitahu pemilik mobil. Tapi, banyak produsen mobil hanya memberitahu dealer mereka. Sebenarnya, produsen mobil berkewajiban untuk memberitahu setiap pemilik mobil mereka. Setiap recall harus berisi:

1. Deskripsi tentang kecacatan yang ada. Hal ini berisi tentang resiko yang ditimbulkan oleh cacat yang ada pada mobil, serta peringatan gejala lainnya;

2. Penjelasan tentang ‘obat’ atau apa yang harus dilakukan pada mobil, bersamaan dengan intruksi tentang bagaimana dan kapan ‘pengobatan’ pada mobil akan dilakukan.

Dalam kasus kendaraan, ‘obat’ merupakan perbaikan atau pergantian bagian yang rusak tanpa biaya kepada pemilik kendaraan. Perbaikan ini biasanya dilakukan oleh dealer lokal. Bahkan, jika anda tidak mendapakan pemberitahuan personal, anda masih berhak mendapatkan perbaikan dari dealer mobil anda.

Baca Juga:  Terkait Recall, Honda Minta Konsumen Teridentifikasi Segera Bawa Mobil Ke Diler

Produsen mobil akan memberikan peringatan tentang recall pada pemilik kendaraan

Beberapa contoh kecacatan menjadi penyebab recall

Beberapa penarikan kembali karena sistem keamanan tidak berfungsi

Berikut ini, beberapa contoh kerusakan pada mobil yang TIDAK perlu dilakukan penarikan kembali:

Jika anda menemukan kerusakan pada mobil yang tidak membutuhkan penarikan kembali, anda bisa membawa mobil pada dealer untuk memeriksa apakah kerusakan tersebut terjadi ketika anda membeli atau murni kerusakan pemakaian.

Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan jika mobil anda membutuhkan recall

Untuk memeriksa penyebab recall atau penarikan kembali, anda bisa lebih dahulu melakukan uji coba pada kendaraan yang anda beli. Namun, beberapa penarikan kembali memang tidak disadari oleh pemilik kendaraan sehingga membutuhkan waktu lama untuk bisa mengetahui adanya kerusakan pada komponen mobil.

Baca Juga:  Cintamobil TV: 10 Pilihan Mobil Bekas Seharga Rp50 - Rp100 Jutaan di Tahun 2020

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *