Memperbaiki Kerusakan Lampu Sein atau Lampu Sinyal di Rumah

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/14/Ay6TmsFs/b4-a288.jpg”>

Lampu sein atau lampu sinyal pada mobil bisa dibilang salah satu sistem keamanan yang berfungsi sebagai penanda mobil akan berbelok atau lurus. Anda bisa memperbaiki lampu sein di rumah, setidaknya untuk beberapa masalah di bawah ini.

1. Salah satu lampu sinyal tdak bekerja

Masalah ini merupakan salah satu kesalahan yang paling umum terjadi pada lampu sinyal. Ketika mobil anda mengalami hal ini, hal yang harus anda lakukan adalah memeriksa bohlam lampu sein. Anda bisa mendapatkan akses ke bohlam melalui kompatemen mesin (lampu depan), bagasi (lampu belakang) atau dengan melepas lensa sein itu sendiri. Akses tersebut juga tergantung pada kendaraan anda masing-masing.

Perhatikan filamen ketika salah satu lampu tidak bekerja

Kemungkinan besar, masalah ini terjadi karena tejadi kerusakan pada salah satu filamen yang ada pada lampu sein. Pastikan kedua filamen berada dalam keadaan baik atau tidak terputus dan kaca bohlam tidak meredup. Jika tidak, ganti bohlam dengan tipe dan watt yang sama. Periksa soket bola lampu jika ada korosi atau kerusakan. Jika perlu, periksa ground soket dan sambungan listrik.

Baca Juga:  Toyota Calya VS Daihatsu Sigra 2017, Pilih Mana?

2. Satu sisi lampu sinyal tidak hidup

Hal ini berkaitan dengan masalah di atas, tapi kali ini salah satu sisi, kanan atau kiri, tidak bekerja. Anda bisa melihat lampu indikator dashboard menyala terang, tapi lampu sein tidak berkedip. Pertama, periksa bohlam apakah masih berada dalam kondisi yang baik. Lalu, cek bagian soket jika ada korosi atau kerusakan.

Pastikan koneksi dan bagian soket tidak mengalami kerusakan

Pastikan koneksi ground dan power bekerja dengan benar. Jika semua itu sudah anda periksa dan tidak menemukan apa-apa, periksa bagian saklar yang mengoperasikan sisi sinyal menggunakan uji lampu atau multimeter digital. Hal ini bisa terjadi karena listrik yang terbuka atau kegagalan pada switch.

3. Lampu flash berkedip terlalu cepat atau terlalu lambat

Perubahan pada tingkat lampu sein tidak umum, namun bisa terjadi. Jika hal ini terjadi, anda mungkin telah menginstal jenis flasher atau bola lampu yang salah untuk model kendaraan anda. Atau salah satu bola lampu anda telah mungkin terbakar habis.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memundurkan Mobil yang Benar?

Perhatikan jenis bola lampu yang akan anda pakai

Masalah lain yang bisa saja terjadi adalah:

4. Lampu flash tidak berkedip

Jika lampu darurat atau lampu sinyal menyala tapi tidak berkedip, periksa bagian bohlam; ada indikasi bohlam terbakar habis. Ini adalah penyebab paling umum. Jika tidak, bisa jadi unit flasher yang anda miliki buruk atau saklar sinyal yang buruk.

Periksa juga bola lampu pada lampu flash

Jika perlu, lakukan pengecekan berikut:

5. Indikator pada dashboard mati tapi lampu sein menyala

Beberapa masalah yang mungkin anda hadapi adalah lampu indikator anda tidak bekerja sama sekali, tapi lapu sein anda bekerja dengan baik. Kemungkinan penyebabnya adalah

Lampu indikator pada dashboard juga berpengaruh dalam pengemudian

Walaupun beberapa model menggunakan lampu yang terpisah antara bagian kiri dan kanan dari lampu indikator, model lain menggunakan satu lampu untuk kedua sein. Jika panel instrument hanya memiiliki satu lampu indikator, periksa unit flasher.

Beberapa model kendaraan menggabungkan lampu rem, lampu belakang dan lampu sein menjadi satu koneksi. ketika anda memperbaiki lampu sein dan mengganti salah satu lampu, pastikan bohlam terpasang dengan benar. Jika dua lampu indikator panel instrument terpisah tidak berfungsi, namun lampu sinyal di luar bekerja, periksa indikator lampu dan unit flasher.

Baca Juga:  Penting untuk Anda Ketahui, Aturan Batas Kecepatan di Jalan

Berikut beberapa diagnosis lampu sinyal tidak bekerja lainnya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *