Memeriksa Penyebab Getaran tidak Biasa pada Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/25/Ay6TmsFs/c4-6c3e.jpg”>

Mungkin, anda bisa bertanya kepada diri sendiri, apa penyebab mobil bergetar dan bagaimana cara mengatasinya. Perbaikan bisa menjadi sesuatu yang lebih murah dan sederhana, seperti rotasi ban atau keseimbangan. Namun, hal ini juga bisa menandakan masalah mobil yang lebih serius, seperti yang dirangkum oleh Cintamobil berikut ini,

1. Masalah pada mesin

Terkadang, goyangan atau getaran pada mobil berawal dari kompartemen mesin. Masalah ini terjadi karena mesin tidak mendapatkan cukup udara, bahan bakar atau percikan yang dibutuhkan agar mesin berjalan lancar. Filter udara kotor atau saringan bahan bakar tersumbat bisa membuat mesin bensin kekurangan oksigen atau bahan bakar.

Perhatikan masalah pada mesin ketika terjadi getaran

Gejala yang mungkin menunjukan kasus getaran yang berhubungan dengan mesin adalah

2. Masalah pada poros roda

Kendaraan kita dipenuhi dengan bagian yang berputar-putar dan berputar yang harus bekerja sesuai dengan ketentuannya, atau melakukan toleransi, agar bisa bekerja dengan baik. Jika poros roda bengkok, yang bisa terjadi dengan mudahnya karena benturan atau kecelakaan lainnya, hal ini akan membuat mobil menjadi semakin mudah bergetar.

Baca Juga:  Dua Pilihan Sedan Mewah Bekas Harga Mirip, BMW 320i 2013 atau Honda Accord 2013?

Salah satu penyebab getaran adalah poros roda yang bengkok

Masalah yang terkait bisa membuat bagian drive shaft juga perlu diperiksa. Bagian yang berputar cepat ini memindahkan tenaga mesin ke as roda belakang dan roda di penggerak roda belakang. Jika bengkok, kendaraan bisa mengalami getaran.

3. Masalah pada rem

Apakah getaran buruk pada kendaran mucul atau meningkat ketika anda mengerem? Jika demikian, ada kemungkinan kuat bahwa mobil anda bermasalah dengan rotor rem yang bengkok atau rotor. Rotor merupakan komponen piringan perak yang berkilap pada sistem rem cakram. Rotor bisa membengkok karena bentuk dan keausan yang berat.

Jika rotor rem bermasalah, bisa saja menimbulkan getaran pada mobil

Sebuah rotor yang cacat atau mengalami keausan, keliper dan bantalan rem yang meremas rem rotor untuk membuat mobil berhenti, tidak bisa memndapatkan pegangan pada rotor yang bengkok. Hal inilah yang menjadikan getaran ketika anda mengemudi. Cobalah periksa mobil sendiri atau bawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Baca Juga:  Cegah Mobil Merosot di Tanjakan, Bagaimana Kerja Hill Start Assist?

4. Masalah pada setir

Seringkali, anda merasakan mobil anda bergetar langsung melalui mobil anda. Dan satu hal yang menjadi penyebabnya secara logis adalah masalah pelurusan pada ban atau setir. Satu atau beberapa roda mungkin mengalami ‘tekanan’ yang berlebihan.

Solusi yang bisa dilakukan yaitu mengganti bantalan roda. Pada kendaraan modern, bantalan roda dimaksudkan untuk menjaga agar mobil bisa bertahan lama. Selain itu, pastikan berapa banyak roda yang menyimpang dari rotasi melingkar saat berputar.

5. Masalah pada ban

Ban menjadi banyak dari sekian masalah yang menyebabkan getaran pada mobil. Beberapa

Ban bisa menjadi penyebab utama getaran pada mobil

Hal yang perlu diingat adalah ban bukanlah penyebab mobil bergetar. Bila ragu, sebaiknya anda menemui teknisi di bengkel terpercaya anda. Tapi, selalu periksa kendaraan anda jika terjadi getaran ketika anda mengemudi.

Baca Juga:  Pahami Aturan Menggunakan Lampu Jauh, Jika Salah Ada Dendanya!

Periksa beberapa penyebab getaran pada mobil

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *