Membuat Pengalaman Mengemudi Pertama Kali Menjadi Tidak Menakutkan

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/22/XlYbOKmo/f-fd0f.jpg”>

1. Atur kendaraan senyaman mungkin

Ada perbedaan kenyamanan yang dirasakan bagi masing-masing pengemudi. Ada yang menyukai kursinya dekat dengan stir, maupun sebaliknya. Untuk itu, atur sendiri kursi, kaca samping maupun kaca spion sehingga membuat anda nyaman dalam melihat sekitar.

Atur jok sesuai dengan tinggi anda

Pastikan anda bisa melihat kendaraan di belakang dengan spion depan dan samping. Lalu, sesuaikan jok dengan tinggi badan anda. Menjadi nyaman akan membantu anda untuk menenangkan pikiran dalam pengalaman mengemudi anda pertama kali.

2. Do not overthinking

Mengendarai mobil merupakan sebuah pekerjaan yang memerlukan multitasking. Saat pertama kali duduk di kursi pengemudi, mungkin anda akan terbebani dengan semua peraturan-peraturan yang harus anda ingat. Meski mengingat untuk memberikan sinyal ketika berbelok maupun arti dari tanda jalan, anda harus berkonsentrasi terlebih dahulu dengan tugas-tugas ang ada.

Jangan memikirkan hal-hal yang tidak penting

Cobalah untuk membersihkan fikiran dan fokus dalam mengemudi serta memperhatikan jalanan terlebih dahulu.

3. Tenangkan pikiran anda

Yang terbaik dalam mengemudi pertama kalo adalah mempunyai pengemudi yang terpecaya dan berpengalaman duduk disebelah anda. Dengan begitu, anda akan merasa tenang dan bisa berkonsentrasi penuh terhadap apa yang ada di depan anda.

Baca Juga:  Lampu Rem Berwarna Merah dan Kuning, Ternyata Ada Manfaat Penting Dibaliknya

Cobalah untuk tetap tenang

Mereka bisa memberikan saran dan membantu anda ketika anda sehingga membuat mengemudi terasa kurang menakutkan.

4. Jangan fikirkan hal-hal yang mengganggu

Mengemudi dengan gangguan bukanlah sebuah ide yang bagus. Bayangkan ketika anda baru pertama kali mengemudi tetapi ada anak-anak yang berteriak-teriak sehingga mengganggu konsentrasi anda.

Bebaskan fikiran dari hal-hal yang menggangu

Bahkan, suara radio dan dering ponsel yang tiba-tiba berbunyi akan membuyarkan konsentrasi anda dalam mengemudi. Usahakan mengemudi dalam keadaan tenang. Dan sekali lagi, memiliki teman yang terpercaya di samping kemudi bisa memberikan ketenangan yang anda butuhkan.

5. Tetap berada di jalur yang anda kenal

Tetap pada jalan yang anda kenal

Anda tidak perlu mencoba untuk mengetahui tempat-tempat yang belum anda lalui ketika anda pertama kali menyetir. Mengendarai mobil di lingkungan yang anda kenal bisa membuat bisa mengantisipasi apa yang akan anda lalui. Terlebih, mengendarai mobil di jalan yang baru akan membuat anda juga harus menghafal jalan, sehingga konsentrasi anda dalam mengemudi bisa terpecah.

Baca Juga:  5 Tips Menjual Mobil Dengan Harganya Tetap Tinggi

6. Jauhi persimpangan dan jalan raya yang ramai

Meskipun anda perlu mempraktekkan bagaimana cara mengemudi di jalan raya yang sibuk dan ramai, mencoba hal itu ketika baru pertama kali berada di belakang kemudi bukanlah hal yang tepat.

Jauhi persimpangan dan jalan raya

Tunggu sampai anda memiliki pengalaman dan bisa mengendalikan kendaraan anda dalam banyak situasi. Berkendara tanpa pengalaman di jalan raya dapat berbahaya untuk diri sendiri dan juga membahayakan orang lain.

Selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya anda hindari ketika anda baru pertama kali mengemudi, salah satunya, mengisi bahan bakar, parkir parallel atau membeli makanan dengan cara drive thru. Mengendarai mobil pertama kali seharusnya memberikan anda pengalaman dalam mengendalikan kendaraan anda sendiri.

Menggunakan tips di atas akan membuat anda bisa mempersiapkan diri dalam mengemudi pertama kali. Berkendara tidak harus ditakuti, tetapi merupakan sebuah tanggung jawab, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi untuk semua pengguna jalan. Pastikan anda siap untuk berkendara dengan tetap tenang dan mengerti tentang peraturan-peraturan yang ada di jalanan.

Baca Juga:  Viral Knalpot Wuling Cortez Copot, Ini Tanggapan PT SGMW Indonesia

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *