Mobil  

Membangun Pabrik Mobil dan Baterai Listrik, Hyundai Serius Garap Pasar Indonesia

tautekno.com – JAKARTA – Penetrasi pasar yang dilakukan oleh pabrikan mobil Hyundai di Indonesia akan semakin dalam. Pasalnya diprediksi, pabrik perakitan mobil Hyundai yang berlokasi di Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, akan mulai beroperasi pada bulan November depan.

Pembangunan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Deltamas Industrial Complex, Bekasi tersebut menelan total investasi sebesar US$,55 milyar. Atau sekitar Rp 21,7 triliun dengan asumsi nilai tukar Rp 14.000 per US dollar. Investasi dengan angka yang tidak main-main itu memperlihatkan sebuah bentuk keseriusan pabrikan Hyundai terhadap pasar Tanah Air.

Pabrikan perakitan tersebut memiliki kapasitas produksi 150.000 unit per tahun. Nantinya dengan kapasitas penuh bisa memproduksi mobil sampai 250.000 unit per tahun. Mobil-mobil yang bakal diproduksi di perakitan Hyundai di Deltamas adalah kendaraan dengan mesin konvensional maupun listrik. Dan pabrik bakal menjadi pusat basis produksi pertama Hyundai di kawasan ASEAN.

Keputusan Hyundai Motor Company membangun pabrik perakitan mobil di Indonesia merupakan keputusan investasi yang berani. Selain itu memperlihatkan niat kuat dan keseriusan Hyundai dalam menjalin kemitraan dengan negara-negara Asia, terutama Indonesia. Merupakan bukti kuat bahwa Indonesia merupakan negara yang penting bagi industri otomotif Korea Selatan.

Baca Juga:  Perkuat Jaminan dengan Garansi, Carro Certified Berikan Mobil Bekas yang Berkualitas Seperti Baru

Investasi Hyundai Motor Company di Indonesia itu diprediksi dapat menyerap lebih dari 23.000 lapangan kerja baru baik langsung maupun tidak langsung.

Memang sampai saat ini, Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum memberikan keterangan resmi soal model mobil apa saja yang bakal diproduksi di Deltamas. Baru terkonfirmasi bahwa mobil yang bakal diproduksi dari ragam model baik mesin konvensional maupun listrik. Diprediksi, dengan fasilitas perakitan di Deltamas, harga mobil Hyundai di Indonesia akan lebih terjangkau dan bisa bersaing dengan pabrikan Jepang yang sekarang masih mendominasi pasar di sini.

Dari sisi line-up, HMID telah memiliki barisan mobil mesin konvensional dan listrik untuk pasar Indonesia. Untuk SUV, APM memasarkan Hyundai KONA Electric, New SANTA FE dan PALISADE yang berada di segmen premium. Di versi sedan, memasarkan IONIQ Electric. Sedangkan untuk segmen MPV, memasarkan Hyundai STARIA yang berlimpah dengan fitur canggih dan modern.

Bangun pabrik baterai mobil listrik

Keseriusan Hyundai terhadap pasar mobil nasional juga ditunjukkan dengan investasi baru lagi. Pada 15 September lalu, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution Ltd., telah melakukan ground breaking pembangunan pabrik baterai mobil listrik. Pabrik sel baterai itu didirikan di atas lahan seluas 300.000 meter persegi di area Karawang New Industry City, Jawa Barat.

Baca Juga:  5 Kesalahan Cara Membeli Mobil yang Aman

Sesi groundbreaking pabrik baterai mobil listrik sendiri dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadila. Dari Hyundai, hadir Youngtack Lee sebagai head of Asia-Pacific Headquarters Hyundai Motor Company, Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung, serta President & CEO Hyundai Mobis Sung Hwan Cho.

“Dimulai dari kehadiran pabrik ini, ekosistem kendaraan listrik akan dapat sukses terbangun di Indonesia seiring dengan pengembangan dari berbagai industri terkait. Lebih jauh lagi, kami berharap Indonesia dapat memainkan peran penting di pasar kendaraan listrik di ASEAN,” jelas Euisun Chung, Chairman Hyundai Motor Group.

Pembangunan pabrik baterai ini merupakan kelanjutan dari kerja sama dari Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution pada Juli 2021 lalu dengan nilai investasi mencapai US$ 1,1 Miliar. Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution berharap mendapatkan pasokan sel baterai kendaraan listrik yang stabil di tahun-tahun mendatang, menyusul permintaan global atas kendaraan listrik yang terus meningkat.

Baca Juga:  Mazda Weekend Test Drive Kembali Digelar, Suguhkan Promo Menarik

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Hyundai Motors Indonesia, sila kunjungi situs ini. Dapat juga mengikuti akun media sosial resmi Instagram @hyundaimotorindonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, twitter @hyundaimotorid dan Youtube, Hyundai Motors Indonesia. (WAHYU HARIANTONO/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *