Mobil  

Melihat Teknologi Menarik BMW i4 2021 yang Akan Dijual Akhir Tahun Ini

tautekno.com – MUNICH – Pada gelaran IAA Munich 2021 lalu BMW Group memperkenalkan spesies terbarunya yakni BMW i4 yang merupakan sedan listrik murni pertamanya yang akan dipasarkan pada tahun ini. BMW i4 akan ditawarkan dalam dua varian dan dua jenis penggerak, BMW i4 M50 dengan penggerak All Wheel Drive dan BMW i4 eDrive40 dengan penggerak roda belakang.

Keduanya dibangun dengan struktur arsitektur kendaraan fleksibel yang didedikasikan untuk kendaraan listrik murni dengan jarak sumbu roda panjang dan trek yang lebar. Selain itu BMW juga membuat i4 memiliki tingkat aerodinamika yang didukung oleh guratan garis yang terdapat di sekitar bodinya. Para insinyur juga membuat struktur sasisnya lebih kaku dan bobot kendaraan yang ringan di kelasnya.

BMW i4 merupakan sebuah kendaraan yang menggabungkan kenikmatan sebuah Gran Coupe dengan kenyamanan sebuah sedan. Terdapat desain sporty yang dipadukan dengan gaya elegan di bagian eksteriornya, salah satunya adalah bentangan coupe di bagian atap dengan empat pintu frameless serta ruang bagasi yang besar.

Pada bagian depannya, BMW menyematkan kamera terintegrasi, sensor ultrasonik dan radar tepat di balik kidney grillenya yang besar. Lampu depannya dibuat lebih ramping dan ditawarkan dengan berbagai pilihan salah satunya BMW Laserlight dan aksen warna BMW iBlue. Selain itu, BMW juga menawarkan paket performa M Carbon dan M Performance Parts yang dapat dipesan dulu untuk BMW i4 eDrive40 M Sport dan M50. Untuk membuatnya tetap terlihat manis BMW juga memberikan pilihan pada konsumen untuk penggunaan Velg M-Sport hingga ukuran 20 inci.

Baca Juga:  Pameran Otomotif GJAW 2023 Digelar Maret, Siap Usung Konsep Baru

BMW i4 dibekali dengan baterai berkapasitas 81.5 kWh yang dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis single speed fixed. Dua varian BMW i4 tersebut menawarkan asil performa yang berbeda baik tenaga, torsi hingga pada kemampuan daya tempuhnya. Pada BMW i4 M50 motor listrik tersebut bertugas untuk menggerakkan keempat rodanya dengan tenaga maksimal 544 hp. Selain itu, dengan kapasitas baterai penuh, BMW i4 M50 dapat menjelajah hingga 521 km.

Sementara pada BMW i4 eDrive40 motor listriknya mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 340 hp dan dialirkan ke roda belakang. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan daya tempuh yang lebih jauh yakni 590 km dengan satu kali pengisian penuh.

Pada sektor fitur hiburan dan pengendaraan, BMW iX menawarkan sistem operasi iDrive terbaru versi 8. Layanan hiburannya akan tersedia pada layar kurva berukuran 14,9 inci di sepanjang dashboard yang dapat dioperasikan dengan perintah suara dan layar sentuh. Meski tidak ada lagi tombol-tombol di dashboard untuk mengoperasikan sistem multimedianya ini, namun pada konsol tengahnya tetap tersedia knob putar khas iDrive. Sedangkan di balik kemudinya, BMW iX series akan dibekali layar cluster meter berukuran 12,3 inci digital.

Baca Juga:  Divisi M BMW, Dulu Dianggap Kurang Bener Sekarang Malah Jadi Role Model

Selain itu, BMW i4 juga dibekali dengan 40 fitur pendukung pengendaraan dan yang menjadi standar di kedua varian adalah Front-Collision Warning, Speed Limit Info dan Lane Departure Warning. Beberapa fitur tambahan opsional juga tetap disediakan oleh pabrikan salah satunya Active Cruise Control with Automatic Speed Limit Assist yang dapat mengikuti kondisi kendaraan di sekitarnya bahkan lampu lalu lintas.

Fitur pendukung lain yang juga menjadi standar pada BMW i4 adalah Driving Assistant Professional dengan Steering and Lane Control Assistant. Selain itu untuk memudahkan saat parkir tersedia pula fitur Park Distance Control dan Reversing Assist Camera. Serta fitur tambahan seperti Parking Assistant with Reversing Assistant dan Parking Assistant Plus with functions including Surround View and Remote 3D View.

Baca Juga:  Menjelang Lebaran, Honda Brio Satya dan Mobilio Semakin Diminati

BMW memastikan kedua varian i4 tersebut akan segera dijual pada tahun ini yang tersisa empat bulan lagi. Keduanya akan diproduksi di Dingolfing, Jerman yang merupakan pabrik khusus kendaraan listrik BMW sekaligus basis produksi sel baterai dengan tenaga ramah lingkungan.ALVANDO NOYA / WH

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *