Mobil  

Mazda6 Generasi Baru Pakai Mesin 6 Silinder dan RWD, Debut Tahun Depan

tautekno.com – HIROSHIMA – Generasi baru Mazda6 dikabarkan tidak lama lagi akan diperkenalkan secara resmi, bukan lagi versi konsep. Prediksi terkuat saat ini mengatakan Mazda6 generasi ketiga akan diungkap pada tahun 2022. Selain perubahan desainnya, Mazda6 dikatakan akan membawa format baru pada drivetrain yang akan dipakainya.

Laman Spyder7 melansir bahwa waktu peluncuran Mazda6 baru akan digelar pada paruh pertama tahun 2022. Keasikan berkendara dengan sedan ini konon akan semakin ditekankan oleh Mazda dengan mesin dan sistem penggerak baru. Orientasi yang semakin kental dengan karakter premium diambil oleh Mazda untuk generasi barunya nanti.

Mazda6 generasi baru akan menggunakan platform berpenggerak roda belakang (RWD), yang akan berbagi dipakai juga untuk setidaknya satu model lain Mazda setelahnya. Platform baru ini mengganti platform saat ini yang diprioritaskan untuk mengakomodasi gardan di depan. Konfigurasi tradisional ini akan membuat Mazda6 baru seperti sedan premium umumnya, khususnya dari Jerman.

Baca Juga:  Harga Pertamax Turun Bulan Ini, Merek Lain Juga Ikut

Selain sistem penggerak roda belakang yang baru, Mazda6 akan juga mendapat mesin yang lebih besar, dengan konfigurasi enam silinder. Mesin berkapasitas sampai 3.0 liter itu kabarnya akan tersedia dalam jenis bensin maupun diesel. Mazda sendiri memang sudah melakukan pengembangan untuk mesin enam silinder ini sejak tahun 2019.

Selain untuk mesin enam silinder , sedan terbesar dalam line up Mazda ini juga dikatakan akan hadir dalam pilihan varian plug-in hybrid (PHEV) untuk pertama kalinya. Teknologi baru pada sisi drivetrain akan diikuti juga oleh perubahan desain yang revolusioner oleh Mazda.

Desain eksterior Mazda6 terbaru besar kemungkinan akan berubah dramatis, mengadopsi konsep yang ditampilkan melalui Mazda Vision Coupe yang pernah diperkenalkan beberapa tahun lalu. Selain mirip mobil konsep bergaya premium, desain ini juga akan menyeragamkan tampilannya dengan Mazda3 saat ini yang mengawali rangkaian kendaraan generasi ke-7 Mazda.

Baca Juga:  Michelin Gerakkan Reforestasi Hutan Tanam 6.000 Bibit Pohon di Jakarta, Jambi dan Jawa Barat

Mazda3 terbaru khususnya versi hatchback merupakan interpretasi gaya bahasa desain Mazda terkini, yang sebelumnya ditunjukkan oleh konsep Mazda Kai. Hasilnya, versi produksi Mazda3 terbaru 90% sama dengan desain Kai. Gaya khas yang ditunjukkan Kodo Design versi terbaru ini adalah moncong tajam dengan lampu depan yang unik, garis body minimalis, serta bagian belakang yang tegas.

Mazda6 dengan gaya Kodo Design dan teknologi Skyactiv telah hadir sejak tahun 2012, yang kemudian mendapat facelift di tahun 2015. Tiga tahun berselang, Mazda6 Elite hadir sebagai versi major change dengan desain dan rangkaian teknologi baru. Dan tidak lama lagi, siap-siap kita tunggu lahirnya generasi baru Mazda6 yang di Jepang beredar dengan nama Atenza.WAHYU HARIANTONO

Sumber & Ilustrasi: Carscoops, Spyder7

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Cara Memanaskan Mobil Matik, Tuas Transmisi di N atau P?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *