Mobil  

Lotus Kenalkan Mobil Sport Listrik Juli Mendatang

tautekno.com – Cukup lama tak menghadirkan produk, Lotus bersiap mengenalkan hypercar terbarunya pada 16 Juli. Dijuluk Type 130, mobil ini menjadi yang pertama bertenaga listrik bagi pabrikan otomotif asal Inggris itu. Tempat peluncuran dihelat di London, Inggris, dalam acara khusus seperti dinukil dari motor1.com (02/06).

Pertama kali diumumkan di Shanghai Motor Show April, sesuai namanya, Lotus memproduksinya sebagai edisi terbatas. Hanya 130 unit ditawarkan. Menariknya, Lotus mengklaim pihaknya sudah mendapatkan respons dari ratusan konsumen yang tertarik membeli. Lotus tampaknya sengaja memilih nama itu untuk melanjutkan warisan sejarahnya, mulai dari Type 14 sampai Type 111.

Belum ada informasi lebih lengkap terkait spesifikasi Type 130. Kabarnya, mobil ini menggendong motor yang menghasilkan daya dorong lebih dari seribu tenaga kuda yang disalurkan ke empat roda. Baterainya juga mampu menggerakkan sportscar sejauh 402 km (dari posisi daya penuh sampai habis).

Baca Juga:  Daihatsu Recall Sekaligus Rocky, GranMax dan Luxio, Ini Penjelasannya

Namun, dari foto dan video resmi yang diunggah menunjukkan, bentuknya punya ciri khas Lotus. Tubuhnya dibuat sangat rendah. Dalam teaser yang memperlihatkan sisi aerodinamikanya, posisi bonnet depannya lebih rendah dari bagian teratas roda atau fender. Infonya panjang mobil tak jauh berbeda dengan model Evora (4.350 mm), tapi lebih lebar, sekitar 2.000 mm.

Dalam video juga terlihat Lotus menyiapkan dua kelir, putih dan kuning kehijauan (warna logo Lotus). Material karbon turut diselipkan dengan emblem bertuliskan “Hand Built in Britain by Lotus” menempel di atasnya. Mobil ini memang diproduksi di Hethel, Norfolk, markas Lotus yang sudah berdiri sejak 1966 dan belum lama ini diekspansi untuk persiapan jangka panjang, setelah dibeli perusahaan asal China, Geely.

Baca Juga:  Best 5 Oto: All-New Daihatsu Xenia Berusia 18 Tahun, Yamaha All-New NMax 155 Cat Baru, Eco-Driving Suzuki Ertiga Hybrid

Wujud buritan juga diperlihatkan, desainnya minimalis dengan konsep membulat gaya Lotus, meski hanya terlihat sedikit bagian. Logo Lotus yang menyala dalam gelap terpampang cukup besar di atas pintu yang berfungsi menutup tempar konektor pengisian daya. Cover ini tampaknya dapat dikontrol secara elektrik, soalnya bergerak sendiri tanpa bantuan tangan. Kemudian stoplamp sepertinya sudah berteknologi dioda yang berbentuk garis melingkar. Ini dikombinasikan dengan lampu sein dan mundur.

Lotus memang tengah menyiapkan diri untuk menggempur kembali industri otomotif global. Pabrikan ini telah menyiapkan produk yang menggunakan aristektur khasnya yang sudah direvisi. Tak hanya mobil sport, rumornya model SUV juga menjadi bagian dari rencana Lotus. Namun, hal ini belum dikonfirmasi. (Hfd/Odi)

Sumber: Motor1

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Mazda2 Anyar Punya Dua Varian, Begini Detailnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *