Lebih Baik Penggerak Roda Belakang atau Depan Bagi Mobil LMPV?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/10/05/pOctdDF4/mpv-mitsubishi-2017–759b.jpg”>

Lebih Baik Penggerak Roda Belakang atau Depan Bagi Mobil LMPV

1. Sistem penggerak roda belakang

Sistem penggerak roda belakang memiliki keunggulan dari segi ketahanan dan daya jelajah. Terlebih, jika desainnya solid axle pasti mampu menangani jalan berlubang dan menanjak.

Lalu, dengan menggunakan penggerak roda belakang, dan karakter ‘dorongan’ yang dihasilkan penggerak roda belakang lebih mudah menggerakkan mobil, dibandingkan dengan ‘tarikan’ yang ada pada sistem penggerak roda depan.

Selain itu, radius putar mobil penggerak roda belakang juga lebih patah karena arah roda depan tidak dibatasi oleh batang penggerak di depan. Dengan begitu mobil lebih mudah menaklukkan tikungan tajam atau melakukan sudut parkir yang sulit tanpa banyak gerakan maju mundur.

Sistem penggerak roda belakang memiliki banyak keunggulan

Baca Juga:  Mudik Lebaran 2019 Ke Malang? Ini Destinasi Wisata Malang Dari Para Pecinta Travel

Keunggulan lainnya, sistem penggerak roda belakang juga terkenal lebih awet, selain peningkatan kualitas suspensi dalam menahan getaran dan memperkuat rangka lantai agar tingkat kebisingan, handling, dan stabilitas yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Namun, sistem penggerak roda belakang juga memiliki kekurangan, yaitu traksi yang kurang di cuaca jelek, seperti hujan dan jalan yang licin.

2. Sistem penggerak roda depan

Sementara itu, mobil berpenggerak roda depan juga memiliki keuntungan, seperti memiliki biaya produksi murah, kemampuan manuver lebih baik serta konsumsi bahan bakar relatif lebih irit.

Mobil berpenggerak roda depan memiliki ongkos produksi yang lebih murah, karena komposisi mesin, transmisi, dan gardan menjadi satu menyalurkan tenaganya ke roda depan,

Selain biaya produksi murah, penggerak roda depan juga memiliki kemampuan manuver lebih baik dibandingkan penggerak roda belakang.

Baca Juga:  Ini Alasannya, Mengapa “Lampu Merah” Menggunakan Warna Hijau, Kuning dan Merah

Penggerak roda depan memiliki komponen lebih ringkas dan ringan yang tentu

Mobil dengan penggerak roda depan memiliki komponen lebih ringkas dan ringan yang tentu akan menyebabkan beban mesin tidak terlalu besar, sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit.

Namun, banyak yang menilai, sistem penggerak roda depan lebih ringkih.

Ternyata masalah penggerak roda sudah menjadi persaingan antara beberapa penguasa pasar seperti Toyota, Daihatsu, Honda dan Mitsubishi. Dimana Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menggunakan penggerak roda belakang, sedangkan Honda Mobilio serta Mitsubishi Xpander bersistem penggerak roda depan

Sobat sedang pakai mobil yang bersistem penggerak roda depan atau belakang? Bagaimana pendapat anda tentang dua – duanya sistem tersebut? Mana yang lebih bagus? Tolong berbagi dengan kami ya.

Baca Juga:  Teknologi Baru Tesla Bisa Pesan Suku Cadang Sendiri Langsung ke Diler

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *