Langkah-Langkah Sederhana Membeli Mobil Bekas

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/05/29/20170529144315-9dfd.jpg”>

Sekarang ini meski banyak mobil baru beredar tetapi masih ada banyak orang yang memilih membeli mobil bekas. Namun ternyata, untuk menemukan mobil bekas yang berkualitas masih bagus itu butuh ketelitian dan pengetahuan. Jika tidak hati-hati, pembeli akan ditipu oleh penjual nakal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan silahkan simak beberapa langkah sederhana membeli mobil bekas ini.

Pasar mobil bekas selalu “hot” di pasar otomotif Indonesia

Langkah 1: Pilih dealer atau penjual mobil yang sudah terpercaya

Langkah 2: Hitung secara seksama dana yang kita miliki

Kita harus secara bijak memilih dan membeli mobil yang harganya memang sesuai dengan kemampuan financial kita. Jangan sampai over budget ya.

Langkah 3: Cari tahu harga pasaran mobil yang kita inginkan

Langkah 4: Periksa kondisi mesin dan berbagai komponen lain

Sebelum dijual, banyak mobil bekas telah mengalami perbaikan. Jika kita tidak paham soal mesin mobil, sebaiknya mengajak teman atau ahli di bidang mobil untuk menilai kondisi mesin mobil tersebut. Selain itu, Anda juga harus melakukan test drive di jalan yang bervariasi mulai dari jalan yang mulus hingga berlubang, berkelok dan berbatu.

Baca Juga:  Modifikasi Jeep Grand Cherokee SRT8, Ceper Custom dari Ferrada

Langkah 5: Pastikan mobil belum pernah mengalami kecelakaan serius

Untuk tahu mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan serius atau belum, Anda bisa melihat di pilar-pilar, sasis serta kap mesin. Biasanya, meski mobil pernah diperbaiki di bengkel ternama, bekas-bekas kecelakaannya masih dapat terlihat.

Langkah 6: Periksa surat-surat mobil

Langkah 7: Cari tahu sejarah mobil

Langkah 8: Pertimbangkan umur mobil yang ingin kita beli

Prinsip utama jika membeli mobil bekas adalah “semakin muda semakin baik”. Mobil berumur sudah terlalu tua sangat beresiko. Meski umur mobil tidak menjamin kualitasnya tetapi setidaknya mobil bekas yang usianya masih muda masih memiliki performa yang masih baik.

Langkah 9: Pilih mobil yang bodynya masih baik

Perbaikan body membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan mesin. Jadi pilihlah mobil dengan bodynya yang masih baik supaya nanti Anda tidak usah mengeluarkan biaya untuk memperbaiki body mobil.

Baca Juga:  draft Biar Untung Pilih Beli Mobil i

Cek bodi mobil secara keseluruhan

Langkah 10: Siapkan budget lebih untuk perbaikan nantinya

Membeli mobil bekas berarti Anda harus mengeluarkan uang untuk memperbaikinya jika terjadi masalah nantinya. Jadi siapkan budget lebih untuk memperbaiki mobil tersebut. Ingin tahu tips dan trik pemakainan mobil lain? Klik sini

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *