Mobil  

Langka, BMW M3 GTR 2001 Ini Dijual Kondisi Masih Full Original

tautekno.com – VICTORIA – Kalau Anda seorang kolektor kendaraan ikonik harusnya akan tertarik juga untuk memiliki BMW E46 M3 GTR 2001 yang satu ini. Pasalnya ini merupakan kendaraan yang dibuat oleh kolaborasi BMW Amerika Utara dengan Prototype Technology Group milik Tom Milner untuk diikutsertakan pada ajang balapan Rolex Sports Car Series 2001.

Kendaraan ini memiliki tampilan yang sangat orisinil dan terbilang langka di pasar otomotif global, namun kini BMW E46 M3 tersebut tengah berada di Young Timers Garage sebuah layanan jual beli mobil bekas di Australia. Belum ada informasi detail mengenai harga yang dibanderol untuk mobil ikonik ini, namun pastinya kendaraan ini sedang banyak diincar oleh pecinta BMW dunia khususnya Australia.

Sedikit kisah tentang BMW M3 GTR ini, pada 2001 silam PTG perusahaan Tom Milner dikabarkan membangun lima unit M3 GTR dan kendaraan contohnya menggunakan kode sasis #005. Sementara itu tiga unit pertama menjadi prototipe dan menggunakan mesin 6 silinder 3.4 liter milik BMW M3 dan didesain agar menjadi kendaraan legal di jalan raya. Namun masih ada beberapa model juga yang ditenagai dengan mesin non-turbo V8 berkapasitas 4.0 liter yang dilengkapi throttle body independen dan double row timing chain. Kedua mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan serta variable locking M differential.

Baca Juga:  7 Kasus Recall Mobil yang Unik dan Aneh

Selain itu, PTG yang saat itu bertanggung jawab dalam pengembangan M3 GTR menyematkan camshaft berongga dan peranti ECU dari Siemens di dalamnya. Untuk memberikan performa yang lebih “gila” lagi, PTG melakukan sedikit tuning pada mesin dan menambahkan sistem oli semi-dry dan dual air intake di balik kap mesinnya.

Hasilnya, BMW langka ini mencatatkan putaran tercepat dalam debutnya di Daytona 3 Hour Grand Am Finale 2001 silam dan meraih posisi ke-15 di kelas GT. Pada kesempatan berbeda, M3 GTR ini juga berhasil menuntaskan balapan 24 Jam 2002 Grand AM 2002 dengan jarak 400 Mil di California serta balap enduro Bathurst 24 Jam pada 2003 namun gagal karena terdapat kerusakan pada sistem rodanya.

Baca Juga:  Jangan Lupakan Peran Penting Oli Mesin Yang Harus Diganti Secara Berkala

Menurut informasi yang diumumkan Young Timers Garage, sebenarnya kendaraan tersebut sudah pensiun cukup lama sejak menuntaskan balapan di Bathurst. Namun, setelah dari situ kendaraan ini kemudian ditempatkan ke dalam sebuah garasi dan kemudian secara kebetulan pemiliknya membawa ke garasi Young Timers Garage untuk dijual. Tidak hanya kendaraannya, Young Timers Garage juga menjual beberapa spare part lengkap dengan aksesoris orisinil resmi dari tim balapnya.ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Carscoops

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Berkat Kesabaran Verstappen Rebut Kemenangan di Grand Prix Perancis 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *