Lampu Mobil yang Buram, bagaimana cara membersihkannya?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/10/14/pOctdDF4/lampu-proyektor1-670-9c88.jpg”>

Mika lampu yang buram banyak disebabkan oleh: rumah lampu kemasukan air, kemasukan embun, tersumbatnya lubang angin, kemasukan debu, sering terpapar sinar matahari, penggunaan daya lampu yang besar atau faktor umur mika lampu.

Cara membersihkan mika lampu mobil yang buram adalah dengan cara menggosok mika lampu dengan cairan pembersih mika yang banyak tersedia di pasaran (bengkel perawatan mobil).

Lampu Mobil yang Buram, bagaimana cara membersihkannya?

Proses pembersihan mika lampu ini dimulai dengan mencopot mika lampu, mencuci dengan bersih lalu mengoleskan cairan pembersih mika lampu lalu menggosoknya dengan busa/ kain, prinsipnya adalah menggerus permukaan mika sehingga bagian luar yang rusak (buram) akan terkelupas (mirip pemakaian kit pada cat mobil, yang perlu diperhatikan adalah waktu mencopot mika mobil yang harus dilakukan secara hati-hati karena pencopotan yang dipaksa dapat menyebabkan kerusakan mika.

Baca Juga:  Empat Hal Ini Jadi Penyebab Radiator Bocor, Apa Saja?

Setelah mika lampu mobil bening (bersih), pecinta otomotif bisa mencegah terjadinya buram kembali pada lampu dengan cara:

Cara mencegah terjadinya buram kembali pada lampu

1. Gunakan lampu dengan daya yang sesuai

Penggunaan lampu dengan daya yang besar dapat membuat mika cepat menguning atau cepat getas. Hal ini disebabkan pabrikan otomotif sebenarnya telah mengukur daya tahan mika lampu terhadap sorot lampu dan menyesuaikannya dengan standar.

2. Perhatikan karet penutup bohlam

Karet penutup bohlam ini kadang-kadang robek/ getas, jika ini terjadi segera ganti dengan yang baru karena karet penutup bohlam yang getas/ robek dapat menyebabkan masuknya debu atau kotoran lain pada rumah lampu.

Baca Juga:  Kenapa Posisi Setir Mobil Wajib Lurus Saat Parkir, Ini Jawabannya

3. Perhatikan sil penutup mika

Sil penutup mika ini sangat mudah dilihat karena berada di luar rumah lampu. Jika sil ada yang robek/ berlubang/ getas maka akan sangat budah bagi air dan debu masuk rumah lampu, ganti atau benahi sil ini.

4. Jaga kebersihan kap mesin terutama untuk mesin mobil yang didepan

Kotornya mesin dapat membuat debu/ kotoran dari ruang mesin masuk melewati bohlam lampu, jika perlu gunakan isolasi untuk merapatkan lubang-lubang yang mungkin menjadi jalan masuk debu dari ruang mesin ke rumah lampu.

Itulah cara membersihkan lampu mobil yang buram yang Cintamobil.com sampaikan kepada sobat – sobat. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca Juga:  Jangan Sepelekan Kisi AC, Begini Cara Merawatnya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *