Lakukan Pengecekan Harian Mobil untuk Optimasi Perjalanan Setiap Hari

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/11/XlYbOKmo/a2-48e9-68bf.jpg”>

Merawat mobil dengan melakukan pengecekan harian akan membuat mobil lebih terjaga dan semua masalah yang ada pada mobil bisa lebih cepat ditemukan. Selain itu, anda juga bisa mengurangi biaya perbaikan. Cintamobil memberikan beberapa tips untuk melakukan pengecekan harian pada mobil, yaitu:

1. Lakukan pemanasan mesin sebelum berkendara

Melakukan pemanasan pada mesin juga merupakan bagian dari pengecekan oli dan pelumas. Pastikan untuk selalu memanaskan mesin sebelum pergi agar oli dan pelumas lain yang sudah dingin ketika ditinggalkan semalaman bisa digunakan dengan optimal untuk menjaga mesin.

Panaskan mobil di pagi hari sebelum beraktivitas

2. Persiapkan baterai

Selalu cek baterai sebelum mengemudi. Masalah lebih banyak terjadi ketika baterai mobil mengalami penurunan kemampuan dan akhirnya mati. Jika anda memiliki masalah dalam menghidupkan mobil di pagi hari, berarti mulai ada masalah pada baterai anda.

3. Persiapkan ban

Ada dua hal pada ban yang harus diperiksa sebelum berangkat, yaitu pastikan bahwa ban berada dalam kondisi yang baik. Pastikan bahwa tidak ada keretakan pada dinding ban atau ban yang gundul. Yang kedua, pastikan bahwa tekanan udara pada ban berada pada kondisi yang optimal. Kurang tekanan pada ban bisa menguras kantong anda untuk mengisi bahan bakar lebih banyak.

Baca Juga:  5 Tips Aman untuk Parkir Mobil di Daerah Perkotaan

Perhatikan tekanan ban sebelum memulai perjalanan

4. Cek rem

Melakukan pengecekan pada rem merupakan salah satu hal terpenting yang dilakukan. Rem sangat berkaitan dengan keselamatan berkendara. Pastikan rem berfungsi dengan baik. Jika rem sudah mencicit ketika digunakan, itu merupakan tanda bahwa anda harus menggantinya.

5. Periksa bagian bagasi mobil

Periksa kapasitas bagasi, apalagi jika anda ingin berpergian jauh. Pastikan anda tidak memasukkan terlalu banyak barang bawaan di dalam bagasi. Muatan bagasi yang terlalu banyak juga mempengaruhi efisiensi bahan bakar anda. Terlebih, meletakkan beban berat di bagian atap bisa membuat kendaraan lebih sulit dikendalikan dalam situasi darurat. Sadari hal ini jika anda ingin meletakkan bawang bawaan di atas atap.

Baca Juga:  5 Interior Mobil Terbaik yang Sesuai Kebutuhan Anda

Periksa bagasi mobil untuk menghindari overload

6. Persiapkan barang-barang untuk keperluan darurat

Sedia payung sebelum hujan. Pepatah ini cocok untuk anda dengan mempersiapkan barang-barang untuk keperluan darurat, apalagi jika anda ingin berkendara jarak jauh. Selain ban cadangan, dongkrak, kunci roda, segitiga pengaman, kabel jumper, dan kotak P3K merupakan peralatan yang sebaiknya anda persiapkan di dalam mobil.

7. Pastikan melakukan pengecekan bulanan untuk maintenance mesin dan komponen lainnya

Pengecekan harian tidak bisa membuat mobil selalu optimal tanpa melakukan perawatan bulanan ke bengkel. Dengan membawa mobil dan kendaraan ke bengkel, mobil bisa diperiksa lebih dalam dan mungkin juga menemukan masalah yang terkadang anda lewatkan.

Pastikan untuk melakukan perawatan berkala di bengkel kepercayaan anda

Mempunyai mobil tentu saja mempunyai tanggung jawab tersendiri. Menjaga mobil tetap sehat dengan melakukan pengecekan harian merupakan salah satu bentuk kasih sayang kita terhadap mobil kita. Tentu saja, mereka akan membalasnya dengan memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara yang lebih.

Baca Juga:  Biar Hemat Akhir Bulan, Begini Cara Bersihin Sendiri Jamur Kaca

Perhatikan video berikut untuk pengecekan mobil harian anda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *