Mobil  

Kupas Tuntas Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2

tautekno.com – Mitsubishi Pajero Sport hadir dalam beberapa varian. Tipe dengan banderol lebih terjangkau adalah Exceed 4×2 yang disuguhkan dalam dua model transmisi. Adapun pilihan otomatis (AT) dipatok Rp 495,5 juta dan manual (MT) Rp 481,5 juta (OTR Jabodetabek). Varian ini memang jarang dilirik tidak seperti Dakar. Lantas seperti apa spesifikasi yang dimilikinya?

Walau menjadi yang tipe menengah paling murah, pabrikan berlambang tiga berlian ini tetap membenamkan beragam teknologi yang menunjang kenyamanan. Secara dimensi, Exceed 4×2 sama dengan varian lain, panjangnya 4.785 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.805 mm. Jarak sumbu rodanya 2.800 mm dengan ground clearance 218 mm. Melihat konfigurasi itu, tentunya Pajero Sport Exceed memadai untuk dibawa bertualang dalam berbagai medan.

Jantung mekanis yang diusung mesin diesel dengan kode 4D56. Ini adalah mesin lama yang dipakai oleh Pajero Sport Dakar generasi sebelumnya. Sedangkan Dakar terbaru, pakai mesin kode 4N15. Kubikasinya sedikit berbeda, 2,5-liter, Commonrail Turbocharged dan Intercooled, poros ganda alias DOHC. Mitsubishi menyetelnya agar dapat menghasilkan tenaga puncak 136 PS di putaran 4.000 rpm dan momen puntir 324 Nm di 2.000 rpm. Jelas, tidak segalak Dakar. Dapur pacu ini disuplai bahan bakar dari tangki berkapasitas 68 liter. Keseluruhan energi dorong disalurkan ke roda belakang.

Baca Juga:  Mobil Klasik Aston Martin DB5 James Bond Akhirnya Diproduksi

Eksteriornya sudah cukup membuat Pajero Sport Exceed 4×2 tampil gagah. Sektor penerangan didukung proyektor halogen dan foglamp untuk meningkatkan pencahayaan saat kondisi berkabut. Namun, fitur seperti daytime running light dan sunroof absen di tipe ini. Untuk mempermudah akses masuk-keluar disediakan side step bagi seluruh penumpang. Spion samping juga dilengkapi pelipat elektrik yang bisa dikontrol dari dalam menggunakan tombol.

Namun, ada sedikit perbedaan pada rupa luar dari model transmisi otomatis dengan manual. Mitsubishi tahun lalu memberikan rear spoiler pada tipe AT. Kemudian peleknya diperbesar menjadi 18 inci. Sementara MT masih mengusung dimensi 16 inci dengan ban berspesifikasi 265/70.

Begitu pula bagian dalamnya. Bila jok pada tipe manual dibungkus kain, otomatis lebih mewah karena dilapis kulit. Bahkan material ini turut diaplikasikan pada tuas transmisi yang membuatnya semakin mewah dan elegan. Walau berbeda, fitur multimedianya sama. Layar sentuh 7 inci 2-DIN yang dapat memutar radio, DVD, MP3 dan memiliki koneksi bluetooth, iPod/iPhone, USB player dan sistem navigasi dipasangkan di konsol tengah. Perangkat ini bisa diatur melalui audio switch yang tertanam di kemudi, sehingga pengemudi bisa tetap fokus menyetir. Penumpang pun semakin nyaman karena lubang pendingin kabin disematkan di tiap baris.

Baca Juga:  Gagal Ujian Praktik Bikin SIM, Kapolri Perintahkan Satpas Bisa Ulang pada Hari yang Sama

Sayangnya, teknologi keyless dan start-stop button tak bisa ditemukan di varian ini. Exceed 4×2 masih mengandalkan anak kunci konvensional untuk membuka atau mengunci pintu serta menyalakan dan mematikan mesin. Untuk penghela laju, keduanya memakai cakram di depan dan teromol di belakang. Fitur ini sudah ditunjang sistem keselamatan terkini, Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). (Hfd/Odi)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Antrean Suzuki Jimny Jadi Masalah, Rakit Lokal Solusinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *