Kenapa Baterai iPhone Tidak Mengisi saat Dicas? Begini 5 Cara Mengatasinya

tautekno.com – – Salah satu kendala yang cukup umum dijumpai pada iPhone adalah baterai tidak mau mengisi daya saat dicas. Kadang, bisa juga iPhone dicas malah berkurang dayanya. Lantas, kenapa baterai iPhone tidak mengisi saat dicas ?

Masalah iPhone tidak bisa dicas bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab. Salah satu penyebab iPhone tidak mau mengisi daya misalnya, seperti penggunaan perangkat cas yang tidak asli atau KW.

Output daya yang dirilis cas KW tidak bisa dipastikan kesesuaiannya dengan kemampuan baterai iPhone. Output yang tidak sesuai dapat menghambat proses pengisian daya pada baterai iPhone.

Selain itu, penyebab iPhone tidak mau mengisi daya juga bisa ditimbulkan lantaran terdapat kotoran pada konektor cas dan port iPhone. Dengan adanya kotoran itu, proses pengisian daya ke baterai iPhone bisa terganggu.

Melihat penyebab-penyebab itu, lalu bagaimana cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas ? Bila tengah mengalami persoalan yang sama, silakan simak penjelasan di bawah ini tentang cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas .

Cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas

1. Pastikan menggunakan cas asli

Cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas yang pertama adalah dengan memastikan telah menggunakan cas asli. Atau, setidaknya menggunakan cas dengan output daya yang sesuai kemampuan baterai iPhone.

Baca Juga:  Kapsul Orion NASA kembali ke bumi

Sebagaimana sempat disinggung di atas, output yang tidak sesuai bisa menghambat pengisian daya. Bila menggunakan cas dengan output arus listrik yang lebih rendah, biasanya baterai iPhone bakal lebih lama terisi.

2. Cek kondisi cas

Kedua, cek adaptor dan kabel cas apakah bermasalah atau tidak. Pastikan kabel cas tidak ada yang terkelupas atau terputus. Pastikan juga adaptor tidak mengeluarkan percikan api yang besar ketika dihubungkan di steker atau stopkontak.

Kondisi yang demikian pada dasarnya merupakan beberapa tanda cas telah rusak. Bila cas sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, segeralah ganti dengan yang baru supaya dapat mengisi daya iPhone secara optimal.

3. Periksa kondisi stopkontak

Masalah iPhone tidak bisa dicas juga dapat ditimbulkan karena stopkontak mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, cobalah hubungkan cas iPhone dengan stopkontak yang bisa mengeluarkan arus listrik dengan normal.

4. Hentikan menjalankan aplikasi berat

iPhone tidak mau dicas atau iPhone dicas malah berkurang dayanya bisa terjadi karena pengguna secara bersamaan menjalankan aplikasi berat, seperti bermain game atau mengedit video.

Baca Juga:  Microsoft Luncurkan Windows Cloud PC Antara Juni dan Juli Tahun Ini

Saat menjalankan aplikasi berat, iPhone bakal bekerja ekstra dan membuat suhunya naik menjadi lebih panas. Bila suhu iPhone naik secara ekstrem maka pengisian dayanya bakal dihentikan sementara.

Dengan dihentikannya pengisian daya itu, baterai iPhone bisa berkurang meski dalam kondisi tersambung dengan cas. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan menjalankan aplikasi berat supaya pengisian daya dapat berjalan secara optimal

5. Bersihkan port iPhone dan konektor cas

Cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas yang terakhir adalah dengan membersihkan kotoran pada port iPhone dan konektor cas. Kotoran itu bisa berupa debu atau cairan. Mulai seri iPhone Xs ke atas, terdapat fitur yang bisa mendeteksi cairan di port atau konektor.

Saat terdeteksi ada cairan, iPhone bakal otomatis menampilkan peringatan bahwa pengisian daya tidak tersedia hingga port atau konektor telah kering Alhasil, iPhone tidak bisa dicas karena ada kotoran berupa cairan itu.

Dikutip dari laman resmi Apple, untuk membersihkan kotoran di port atau konektor, caraya bisa dengan mengusap menggunakan kain berbahan lembut.

Baca Juga:  Data pengguna Twitter diduga bocor

Itulah lima cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas. Sebagai informasi tambahan, seandainya telah melakukan cara di atas tapi masalah tetap terjadi, segeralah bawa iPhone ke tempat servis terpercaya untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *