Kenapa Ban Cadangan Memiliki Ukuran Yang Lebih Kecil Dari Ban Utama?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/02/18/Ay6TmsFs/c4-4e6c.jpg”>

Kecuali Anda mengendarai salah satu dari beberapa kendaraan terpilih yang dilengkapi dengan ban cadangan dengan ukuran penuh, ban cadangan Anda tidak sama dengan empat lainnya yang terpasang di kendaraan Anda. Ada perbedaan manufaktur yang signifikan yang memperjelas bahwa ban cadangan lebih kecil dan hanya untuk penggunaan jangka pendek sementara saja. Berikut penjelasannya

1. Perbedaan ukuran tinggi dan lebar ban

Ban cadangan yang Anda miliki sebagai pengganti biasanya tidak memiliki ukuran tinggi dan lebar yang sama dengan ban utama yang terpasang di kendaraan Anda. Perbedaan ukurannya hanya setengah inci atau lebih dari ban yang terpasang.

Ban cadangan yang lebih kecil meminimalisir ruang pada bagasi

Lalu, apakah perbedaan ukuran tinggi dan lebar ban bisa mengganggu kenyamanan Anda? Tentu saja tidak. Perbedaan tinggi dan lebar ban cadangan yang sedikit tidak akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pengemudian Anda. Perbedaan ini bertujuan agar dapat menghemat ruang bagasi saat menyimpan ban cadangan.

Baca Juga:  Arus Mudik Padat, Ketahui Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

2. Roda atau pelek terbuat dari bahan ringan

Struktur pelek ban cadangan kurang berkualitas dibanding pelek biasa, sehingga bisa memiliki offset roda yang jauh berbeda, atau bahkan mungkin terbuat dari baja ringan dibandingkan pelek normal. Ban cadangan yang lebih ringan tentu saja tidak memberatkan mobil dengan menambah beban yang menjadi tanggungan mobil Anda.

Roda dan pelek lebih ringan untuk dibawa mobil

Menjadi lebih kecil dan terbuat dari bahan ringan membuat lebih mudah dipasang bila perlu tetapi juga biasanya tidak kaku atau mampu melakukan tugas yang sama dengan yang diterima roda normal di jalan.

3. Kedalaman tapaknya jauh lebih dangkal

Karena dirancang untuk digunakan semata-mata dalam situasi darurat, ban cadangan Anda akan memiliki tapak yang sangat kecil dan hanya beberapa sipes di tapak. Hal ini dimaksudkan untuk membawa Anda ke lokasi yang aman atau mungkin ke fasilitas perbaikan ban dan bukan untuk penggunaan sehari-hari atau jangka panjang.

Baca Juga:  Apakah Anda Sudah Tahu? Ini Sanksi Bila Menyalahgunakan Mobil Plat Merah

Ban cadangan memiliki kedalaman tapak yang dangkal

4. Ketahanan yang kurang

Seperti yang Anda ketahui, ban cadangan bertujuan hanya untuk dipakai saat situasi darurat. Ban cadangan tidak memiliki ketahanan yang sama dengan ban normal yang sedang terpasang dikendaraan Anda. Tentu saja ketahanan ini berdampak juga pada batas kecepatan dan jarak yang boleh dilakukan atau ditempuh ketika memakai ban cadangan.

Ban cadangan hanya dimaksudkan untuk pemakaian yang sebentar

Ban cadangan tidak dimaksudkan untuk penggunaan sehari-hari, tidak peduli apakah memiliki ukuran penuh yang sama dengan ban cadangan lebih kecil. Segeralah perbaiki dan pasang ban normal Anda sesegera mungkin. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal yang berbahaya, ketika ban cadangan terus terpasang dan dipakai bisa saja bahaya mengintai Anda ketika berkendara. Semoga bisa bermanfaat dan memberi informasi.

Baca Juga:  Begini Cara Mengoptimalkan Ruang Bagasi Toyota Rush Terbaru

Berikut penjelasan tentang perbedaan ban cadangan dengan ban mobil

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *