Mobil  

Kenali Tanda-Tanda Tubuh Anda Lelah Berkendara

tautekno.com – Berkendara bukan sekadar kegiatan yang butuh mobil prima. Saat seperti itu, kondisi tubuh Anda juga harus dalam keadaan siap dan konsentrasi penuh. Walaupun sepertinya hanya duduk dan memainkan gas, menyetir tetap menguras energi dan membuat Anda merasa lelah.

Menurut Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), berkendara saat tubuh lelah sama bahayanya dengan menyetir saat mabuk. “Namun, banyak pengendara yang abai dengan kondisi ini. Artinya sangat berbahaya kalau terus menekan gas di jalan raya. Padahal, kondisi badan sebenarnya sudah tidak layak untuk melakukan kegiatan. Karena itu, Anda harus tahu dan sadar tanda-tanda yang diberikan tubuh. Sebaiknya tepikan kendaraan Anda dan beristirahatlah,” papar dia.

1. Sering Menguap

Inilah indikasi atau tanda tubuh Anda membutuhkan oksigen. Dan itu normal. Anda bisa mengatasinya dengan banyak minum air dan mengatur napas saat berkendara. Menguap menjadi bahaya saat frekuensinya sering. Apalagi diikuti dengan kedipan mata yang juga intens.

Baca Juga:  Genjot Elektrifikasi Eropa, Honda Percepat Target Electric Vision 2025

Saat seperti ini pun, pastinya mata dan kepala sulit diajak tegak untuk memandang lurus ke depan. Tanda ini yang menjadi awal kelelahan tubuh. Anda sudah tidak bisa lagi berharap pada air minum atau bahkan kopi untuk buat Anda terjaga hingga tempat tujuan. Segera menepi dan rehat.

2. Lupa Jalan

Jika Anda sudah kehilangan fokus dengan jalan, itu juga tanda untuk segera menepi. Kelelahan juga membuat Anda skip atau kurang fokus. Belum lagi Anda salah belok atau malah keterusan. Sehingga membuat perjalanan semakin jauh. Situasi ini menjadi sangat berbahaya kala Anda berkendara di malam hari. Ada baiknya bertukar posisi mengemudi bila ada rekan bersama Anda.

3. Melewatkan Banyak Rambu Lalu Lintas

Banyak sekali rambu di jalan raya. Fungsinya pun beragam. Mulai dari penunjuk arah, relief lintasan, perintah dan larangan berkendara. Menjadi sangat berbahaya bila sudah abai dan tak memperhatikan rambu jalan. Tak ada pilihan lain, kecuali istirahat maksimal 30 menit, bila ingin melanjutkan perjalanan. Perlu dicatat, Anda diwajibkan rehat pada kelipatan 4-5 jam agar badan tetap bugar.

Baca Juga:  Porsche Taycan Ditargetkan Mengaspal Oktober, Apa Saja Persiapannya?

4. Tidak Sabar dan Cepat Marah

Kala Anda lelah, biasanya tak sabar ingin sampai tempat tujuan. Banyak dari kejadian seperti ini yang malah menjadi bumerang pada sebagian pengendara. Lantaran ingin cepat sampai, banyak dari mereka yang akhirnya tidak memedulikan orang lain atau pengendara sekitar. Hasilnya, banyak kecelakaan yang terjadi karena alasan ini.

Orang yang lelah acap kali sulit mengendalikan emosi. Saat mengemudi dalam kondisi ini, biasanya mereka emosional dan mudah mengumpat. Tanda ini juga memberi tahu, Anda sudah tidak layak berkendara dan sebaiknya mengistirahatkan tubuh. Kenyamanan berkendara tercipta dari tubuh yang prima. (Alx/Odi)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Isuzu D-Max Terbaru Meluncur, Dijual Mulai 19 Oktober

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *