Kapan Sebaiknya Kita Harus Mengganti Wiper Blade Mobil?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/01/XlYbOKmo/c-c576.jpg”>

Wiper blade sangat membantu ketika hujan

Meskipun wiper blade terbuat dari karet, namun bisa bertahan di berbagai suhu yang ekstrim. Mulai dari suhu dingin bersalju bahkan sampai sinar matahari gurun yang terik. Wiper blade akhirnya menjadi bagian mobil yang berkerja paling banyak tapi bisa bertahan lama.

Tetapi, bukan berarti wiper blade tidak perlu perhatian khusus. Panas dan kelembaban merupakan musuh alami karet yang bisa merusak wiper jika anda tidak pernah menyalakannya. Selain itu, cuaca yang sangat dingin bisa membuat wiper menjadi kaku dan akhirnya mudah retak. Beruntun Indonesia tidak meliki cuaca ekstrem seperti di Eropa maupun Amerika. Tetapi, tetap saja anda perlu memperhatikan kesehatan wiper blade anda.

Perhatikan kesehatan wiper blade anda

Kebanyakan ahli mengatakan mengganti wiper blade perlu dilakukan setiap 12 bulan sekali. Meskipun hal ini tergantung pada kondisi cuaca dan bahan pisau itu sendiri. Dilansir dari Angies List, John Cannon, pemilik dari My Car Doc di McCordsville, Indiana, Amerika Serikat mengatakan lebih baik mengganti pisau wiper 2 kali setahun. Tetapi, jika anda tidak bisa, mengganti pisau 1 kali setahun sudah lebih dari cukup.

Baca Juga:  Mitsubishi Xpander 2018: Tips Optimalkan Fitur Audio

Bilah pisau yang tidak terlalu bagus biasanya memiliki umur yang pendek, karet pengikat halogen bisa bertahan sedikit lebih lama, dan bilah silickn memiliki daya tahan yang sangat lama. Bilah silicon bisa bertahan lebih dari setahun, bahkan dengan pemakaian yang intens. Tentu saja dengan harga yang lebih mahal dari pisau wiper yang biasanya.

Tetapi, bagaimana cara anda mengetahui kapan harus mengganti wiper blade? Jika anda memperhatikan kaca mobil anda, anda akan melihat bahwa wiper balde bisa menghapus air yang mengalir di kaca depan. Jika ada bagian kaca yang tidak terhapus oleh wiper blade, saat itulah anda diminta untuk mengganti bilah pisau wiper anda.

Baca Juga:  Lalu Lintas Diatur Polisi, Patuh Rambu-Rambu atau Ikuti Arahan Polisi?

Ganti wiper blade minimal 1 kali setahun

Pisau tersebut bisa saja membuat suara mendecit, meskipun hal ini juga bisa terjadi saat anda menjalankan wiper ketika kaca depan kering. Jika dibiarkan terlalu lama, makan bahan pisa bisa rusak dan lepas dari penahannya. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kaca depan anda.

Untungnya, dalam mengganti wiper blade, anda tidak perlu mengganti seluruh unit pisau. Sebagian besar lengan pisau bisa menerima bilah karet yang baru dan membuat anda bisa berhemat dengan hanya mengganti bilah pisau yang rusak saja.

Berminat cara menggantikan wiper mobil, lihatlah video berikut ini

Tetapi, lengan pisau bisa saja bengkok seiring berjalannya waktu, dan pastikan anda juga memperhatikan hal tersebut. Ketika lengan pisau sudah membengkok, saatnya anda mengganti wiper blade dan seluruh bagiannya untuk menghindari terjadinya masalah yang lebih besar.

Baca Juga:  Ketahuilah, Ini Pentingnya Fungsi GPS Pelacak Mobil

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *