Kapan Kampas Rem Harus Segera Diganti?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/09/19/KfUCHpL2/disc-brake-2-3b26_wm.jpg”>

1. Pijakan Rem Semakin Dalam

Jika Pijakan anda semakin dalam dan jauh maka kampas rem mobil telah habis.

Ciri ciri yang paling jelas jika kampas rem mobil sudah habis adalah ketika anda menginjak rem mobil anda. Saat anda melakukan pengereman sangat terasa sekali yang pijakannya semakin dalam dan jauh dibandingkan biasanya maka kampas rem mobil telah habis. Inilah tanda yang jelas dan mudah dikenali ketika kampas rem mobil sudah mulai habis.

2. Rem Bergetar Saat Digunakan

Jika anda mengedarai mobil dalam kecepatan tinggi, lalu menginjak rem dan pedal anda terasa bergetar, maka itu bisa menjadi tanda kampas rem anda sudah mulai habis.

Getaran terjadi biasanya karena kampas rem yang habis itu memiliki permukaan yang tidak rata. Efek dari keadaan tersebut menyebabkan getaran pada pedal. Kemudian, hal itu membuat terjadinya getaran-getaran yang berasal dari rem mobil. Bahkan jika kondisinya sudah lumayan parah, maka getaran tersebut dapat terasa hingga pada setir mobil.

Baca Juga:  [INFOGRAFIK] Mengantuk Di Jalan? Berikut Tips Tetap Terjaga Selama Perjalanan Jauh

3. Munculnya Suara Saat Melakukan Pengereman

Rem Bergetar Saat Digunakan sebaga tanda kampas rem tipis

Ketika Anda melakukan pengereman lalu muncul suara seperti gesekan logam, maka itu bisa jadi tanda kalau kampas rem mobil Anda sudah habis. Karena saat kampas rem mobil yang habis, tentu saja akan menyisakan bagian besinya. Gesekan dengan cakram rem (logam dan logam) menyebabkan suara muncul.

4. Menurunnya Minyak Rem

Ciri-ciri lainnya yang dapat anda lihat adalah pada bagian minyak rem mobil. Anda bisa memeriksa minyak rem pada kap mobil Anda.

“Buka kap mesin, lalu lihat ketinggian volume minyak rem. Jika berkurang dari area tengah, indikasi kampas rem menipis. Pastikan juga tidak ada kebocoran minyak rem”, Ujar Hasto dari SE-Pro Motor, Ragunan, Jakarta Selatan. Mudah bukan?

Baca Juga:  [INFOGRAFIK] Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan SUV dan Crossover

5. Adanya Serbuk Kampas Rem

Adanya Serbuk Kampas Rem saat kampas rem tipis

Salah satu ciri yang dapat mudah terlihat ketika kampas rem mobil sudah mulai habis adalah adnaya serbuk kampas yang berada di velg bagian dalam, terutama di daerah sistem pengereman. Jika kondisi ini sudah terjadi pada mobil anda, maka akan lebih baik jika anda segera mengganti kampas rem mobil anda dengan yang baru.

Jika Anda menemukan tanda-tanda tersebut, langsung aja membawa mobil ke bengkel untuk memeriksa kampas rem mobil. Periksa ketebalan dari kampas rem mobil, jika masih tebal Anda mungkin hanya perlu membersihkan kotorannya. Sebaliknya, jika kondisi cakram rem menipis, maka Anda perlu mengganti kampas rem mobil yang baru.

Baca Juga:  Buku Manual Kendaraan, Kelengkapan Kendaraan yang Diatur Dalam Hukum

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *