Jenis Metode Pembiayaan Untuk Membeli Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/07/14/20170714142814-c137.jpg”>

Sistem gadai di Indonesia

1. Melalui Sistem Gadai

Sistem gadai sebenarnya adalah menjaminkan barang-barang berharga tertentu untuk akhirnya mendapatkan uang atau pendanaan dimana barang akan ditebus sesuai kesepakatan awal yang telah disepakati oleh pihak peminjam dan lembaga penggadaian tersebut. Jika Anda tidak bisa melunasi pinjaman, maka jaminan yang Anda telah berikan di awal akan menjadi milik lembaga gadai.

Pilihlah metode pembiayaan ini jika Anda ingin mengganti mobil baru dengan menggunakan mobil lama untuk digadai. Jika Anda tidak bisa melunasi cicilan, maka mobil lama Anda akan ditahan oleh pihak lembaga gadai dan menjadi hak milik lembaga gadai.

Car loan

2. Pinjaman Pribadi atau Car Loan

Sebenarnya pinjaman jenis ini adalah menggunakan jasa dari Bank. Jika berminat membeli mobil sendiri Anda bisa menggunakan pinjaman kepada bank-bank yang telah menyediakan pinjaman jenis ini.

Baca Juga:  Auto Mewah, 7 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Mobil Berkesan Mewah dalam Sekejap

Kalau memilih metode ini, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh Bank. Bank akan melakukan pemeriksaan latar belakang ketika Anda melakukan pinjaman melalui bank.

Mengisi application form

Untuk lebih mudah, Anda perlu melakukan pinjaman kepada bank di mana Anda menabung karena hal ini akan memudahkan bank dalam proses memeriksa latar belakang finansial Anda. Pemeriksaan yang berkaitan dengan ini adalah apakah Anda menggunakan kartu kredit, bagaimana proses pembayaran kartu kredit Anda, apakah lancar atau macet, serta pemeriksaan penggajian yang Anda miliki.

Dengan jasa ini, Anda harus pikirkan jumlah pinjaman yang sesuai dengan kemampuan Anda dalam membayarkan cicilan perbulan kepada bank. Sebaiknya Anda menyiapkan uang muka terlebih dahulu untuk mengurangi beban Anda dalam membayar cicilan bulanan. Selain itu Anda tidak akan dikenai bunga sebesar pinjaman 100%, melainkan hanya 70%. Mengurangi bunga berarti mengurangi pembayaran dan beban finansial Anda.

Baca Juga:  Ingin Mudik? Pelajari Cara Klaim Asuransi Mobil Dalam Perjalanan

Perusahaan leasing

3. Perusahaan Leasing

Pilihan lain untuk melakukan pembelian mobil adalah melalui perusahaan pembiayaan leasing non-bank. Beberapa perusahaan pembiayaan yang terkenal di Indonesia adalah BCA Finance, CS Finance, Adira Finance, Mega Finance dan lain-lain. Perbedaan antara pinjaman bank dengan perusahaan leasing adalah ketika Anda menggunakan jasa leasing memiliki prosedur berbeda dengan bank.

Perusahaan leasing di Indonesia

Leasing akan ‘membelikan’ mobil kepada Anda dimana Anda akan membayarkan cicilannya kepada leasing. Pembiayaan melalui leasing akan sangat baik jika Anda menggunakan mobil tersebut untuk bisnis. Dengan cara itu, Anda akan mendapat pemasukan yang lebih pasti sehingga Anda bisa melunasi cicilan kepada leasing tanpa harus menunggu gajian bulanan untuk membayarkan cicilan.

Baca Juga:  Apa Yang Membuat Mesin Mobil Panas (Overheat)?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *