Mobil  

Intip Detail Spesifikasi SUV 7-seater Peugeot 5008

tautekno.com – Astra Peugeot melepas SUV 7-seater baru, 5008. Titelnya saat ini, SUV premium Eropa termurah yang punya konfigurasi 7-seater. Platformnya berbagi dengan 3008, yang tahun lalu mulai dipasarkan di Indonesia. Bedanya, 5008 lebih panjang. Makanya kursi juga bisa ditambah untuk baris ketiga. Seperti apa bekal spesifikasi dan fitur canggih lain yang dibawa 5008 seharga Rp 820 juta?

Meski penampilan luar mirip dengan 3008, Peugeot 5008 terbaru punya dimensi lebih panjang. Dimensi lengkapnya, 4.641 x 1.844 x 1.646 mm (PxLxT), jarak sumbu roda 2.840 mm dan ground clearance 236 mm. Cuma satu varian yang masuk dijual, GTline. Bagian eksteriornya bertabur kromium, termasuk grille, tempelan bodi samping bawah, bingkai jendela samping dan corong knalpot ganda di belakang. Pelengkap tampilan SUV, ada dua rail di bagian atap.

Bodi 5008 dilabur cat dwiwarna. Bagian pilar sampai atap hitam. Sisanya warna bodi sesuai pilihan konsumen. Peleknya berukuran besar, 18 inci dan punya proporsi pas dengan rumah roda. Desain peleknya juga modern, disebut diamond alloy.

Desain wajah sangat identik dengan 3008. Rumah lampu besar menampung semua LED, kecuali lampu kabut. Ada lampu utama LED, lampu siang hari LED dan sein LED sequential. Untuk lampu kabut sudah LED dan punya fitur cornering, sorotan lampu bakal mengikuti arah belok mobil. Lampu sein LED juga ada pada spion. Sementara lampu belakang LED berdesain seperti tiga garis. Filosofi bentuk datang dari cakaran singa, makanya formatnya horizontal.

Baca Juga:  Mobil Inafis dan Kendaraan Taktis Brimob Dikerahkan ke Lokasi Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar Bandung

Masuk ke kabin, desain Peugeot i-Cockpit menanti. Disebut begitu lantaran susunan dasbor, kursi pengemudi dan konsol tengah menyerupai kokpit. Konsol tengahnya memberi jarak antara kursi pengemudi dan penumpang. Menariknya, bentuk kemudi memakai desain rata atas dan bawah serta berdimensi ringkas. Selain sporty, dimensi kecil memberi ruang lebih pada visibilitas depan dan kemampuan manuver. Kemudi bisa diatur tilt dan teleskopik. Sedang kursi pengemudi, pengaturannya sudah elektrik.

Kursi baris kedua disediakan untuk tiga penumpang, bisa dilihat dari jumlah headrest yang tersedia. Ruang kaki baris kedua sangat lapang dan mendukung pengaturan sliding atau bisa dimaju-mundurkan. Baris ketiga optimal untuk 2 anak-anak. Orang dewasa tidak direkomendasikan. Kursi baris ketiga bisa dilipat dan tersimpan di bawah lantai bagasi. Dilepas sekalian juga bisa, ruang di balik lantai bagasi difungsikan untuk penyimpanan lain.

Panel instrumen digital sepenuhnya, dengan beragam informasi yang bisa dipilih. Layar sentuh infotainment 8 inci jadi pusat komando hiburan dan fitur tambahan. Speaker berjumlah 4 dan 2 tweeter serta beragam konektivitas terkini sudah tersedia. Selain itu, ada panoramic roof dan sun roof, parfum kabin dengan tiga pilihan aroma, akses keyless dan tombol start/stop, AC otomatis dan sun shade pada kaca samping baris kedua. Pintu bagasi sudah elektrik, bisa dibuka dengan sensor, dengan gerakan kaki menendang kolong bagasi.

Baca Juga:  IIMS 2022: Toyota Pajang 11 Model Mobil dan Pamer Teknologi

5008 pakai mesin 1,6 liter turbo dengan tenaga 165 hp pada 6.000 rpm dan torsi 240 Nm pada 1.400 rpm. Penyalur daya otomatis 6-speed dengan dukungan paddle shift, menyalurkan output ke penggerak roda depan. Menariknya, meski bukan penggerak empat roda, 5008 punya lima pilihan mode berkendara untuk jalanan kasar. Disebut Advance Grip Control, yang bisa dipilih pada dial putar konsol tengah. Tersedia juga mode sport untuk berkendara dengan putaran mesin lebih responsif.

Pendukung performa, rem sudah cakram di tiap roda. Ditambah lagi dengan ABS+EBD+EBA. Ada 6 kantong udara, electronic stability program (ESP), hill assist decent control (HADC), cruise control adaptif, kamera 360 derajat, lane departure warning dan rem parkir elektrik. Peugeot 5008 juga mendukung parking assist (semi auto parking). Jadi bisa parkir otomatis untuk parkir mundur, paralel dan keluar dari parkir paralel.

Baca Juga:  Ini Dia Tampilan Baru Honda Mobilio 2017

SUV Peugeot 5008 jadi pilihan segar baru di segmen premium 7-seater. Apalagi banderolnya paling murah saat ini. Jadi kalau mau punya SUV 7-seater premium merek Eropa yang anti-mainstream, bisa melirik Peugeot 5008. (Tom/Van)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *