Ini Cara Aman Untuk Mengatasi Silau Artifisial

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/07/24/20170724104755-1230.jpg”>

Saat mengemudi pada malam hari kita sering merasa terganggu karena cahaya lampu yang berlebihan yang mengenai mata baik dari cahaya mobil yang berlawanan arah, maupun dari sumber lain yang terlampau terang. Salah satu contohnya adalah ketika kita bertemu dengan layar reklame digital.

1. Berada di Posisi Aman

Kalau mengemudi mobil pada malam hari, Anda wajib berada di jalur yang benar dan memastikan berada di posisi yang aman. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah menempatkan kendaraan Anda untuk berada di lajur paling kiri. Jika Anda berkendara di jalan dengan dua lajur yang berlawanan arah, dapat memanfaatkan marka jalan paling kiri sebagai patokan posisi mobil.

2. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain

Kepadatan lalu lintas di kota-kota besar membuat jarak antar kendaraan menjadi sangat dekat. Padahal poin utama saat berkendara adalah untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Manfaatnya akan terasa ketika harus menghadapi silau akibat dari lampu strobo. Jika terlalu mengganggu, Anda perlu menghindari posisi yang berhadapan tepat dengan arah lampu strobo. Jika memungkinkan untuk mendahului mobil tersebut akan lebih baik.

Baca Juga:  Terlihat Eksklusif di Jalan, Berikut Cara Dan Biaya Pilih Nopol Cantik

3. Manfaatkan Fitur Mobil

Jika mobil Anda dilengkapi spion tengah dengan fungsi auto dimmer, tidak perlu khawatir soal cahaya yang terlampau terang dari belakang. Jika tidak tersedia fitur ini, Anda dapat menarik tuas yang tersedia tepat di bawah spion tengah untuk mengarahkan cahaya agar tidak langsung menyorot mata saat melihatnya.

4. Memandanglah Jauh ke Depan

Lihatlah lebih jauh ke depan untuk menambah visibilitas dan memberikan ruang dan waktu lebih memadai demi mengantisipasi tiap kejadian (kendaraan atau objek yang berada di depan) sebelum sampai ke Anda.

Hal ini akan sangat berguna ketika Anda bertemu dengan layar reklame digital berukuran besar yang menyilaukan. Bukan tidak mungkin pandangan dapat terganggu saat di depan Anda ada kendaraan dengan foglamp belakang yang menyala atau lampu yang dimodifikasi tidak sesuai standar.

Baca Juga:  Pahami Aturan Pasang Kaca Film Mobil yang Benar

5. Jangan Injak Pedal Rem

Cahaya yang menyilaukan terkadang menjadi potensi bahaya kalau ia tiba – tiba muncul. Misalnya sebuah layar reklame digital beberapa menit menayangkan visual yang gelap dan seketika menjadi terang saat berganti sesuai tayangannya.

Biasanya mata akan mengalami blackout sementara saat tiba-tiba terkena cahaya berintensitas tinggi. Saat itulah bahaya mengintai. Refleks tiap orang berbedabeda ketika panik, bisa saja Anda menginjak pedal rem, pedal gas, atau sampai memutar kemudi ke arah berlawanan. Pada titik ini, hal tersebut tentu sangat berbahaya bagi Anda maupun pengemudi di belakang Anda.

Anda sangat disarankan untuk tidak melakukan apapun saat mengalami ini. Jangan injak pedal rem dan lainnya, sangat penting untuk menjauhkan jangkauan kaki Anda agar tak sengaja terinjak.

Baca Juga:  Ini Alasan Kenapa Takaran Oli Mesin Mobil Harus Pas

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *