Mobil  

Hyundai Creta Usung Teknologi Smartsense dan Bluelink, Apakah Itu?

tautekno.com – JAKARTA – Salah satu model yang sangat menarik di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 Adalah Hyundai Creta. Terpajang di booth pabrikan Korea tersebut yang berdiri megah dan luas di Hall 6 ICE, BSD City.

SUV Creta menjadi produk teranyar yang dipasarkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku APM di sini. Pabrikan menyatakan produk SUV tersebut diproduksi di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat dan mengaplikasi ragam fitur canggih dan modern.

Salah satu fitur canggih yang dipasangkan pada Creta adalah Hyundai SmartSense. Sebuah sistem bantuan pengemudi mutakhir dari Hyundai untuk memberikan keamanan dan kenyamanan. Sistem ini memantau area sekitar dan membantu memberikan informasi bahaya pada saat mengemudi.

Terdapat fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang bekerja otomatis memperingatkan potensi resiko tabrakan dari depan. Mobil akan otomatis mengerem jika dinilai akan terjadi tabrakan terhadap kendaraan lain dan pejalan kaki. Fitur ini hadir di varian teratas yakni Prime.

Ada juga fitur Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA). Keduanya membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audio serta membantu mengembalikan mobil ke posisi ideal jika dinilai keluar jalur. Fitur ini juga hanya terdapat di varian Prime.

Baca Juga:  Diler Nissan-Datsun Buka di Cikupa, Sajikan Konsep Global

Fitur keselamatan juga ditingkatkan dengan adanya Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), yang mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang untuk membantu menghindari potensi tabrakan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem keamanan ini juga mencakup situasi saat pelanggan melakukan parkir paralel. Fitur ini tersedia di varian Prime dan Style.

Selanjutnya terdapat pula Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), yaitu fitur yang berfungsi saat mobil melakukan posisi parkir mundur, di mana sensor akan mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kiri atau kanan belakang, memberikan peringatan audio, dan secara otomatis mengaktifkan rem bila diperlukan. Fitur ini tersedia di varian Prime dan Style.

Selain itu masih ada fitur hill start assist control dan rear view monitor di semua varian. Kemudian keamanan hadir pada 6 airbag sistem pada varian Prime dan Style juga ada Emergency Stop Signal dan Vehicle Stability Management untuk membantu kendaraan stabil di jalanan basah, licin dan tidak mulus.

Baca Juga:  Genjot Elektrifikasi Eropa, Honda Percepat Target Electric Vision 2025

Teknologi Inovatif Hyundai Bluelink

Selain fitur keselamatan canggih di atas, Hyundai juga memperkenalkan teknologi inovatif bernama Hyundai Bluelink. Ini merupakan sebuah inovasi Connected Car Service dari Hyundai yang memungkinkan pelanggan untuk selalu terhubung dengan mobil melalui telepon genggam.

Hyundai Bluelink memberikan akses kepada pemilik Creta untuk fitur-fitur seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci atau membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan atau mematikan lampu, serta untuk mengetahui di mana kendaraan di parkir.

Teknologi ini juga akan menyediakan keamanan dan kenyamanan, karena melalui Hyundai Bluelink, pelanggan dapat memperoleh akses ke berbagai fitur canggih, seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang akan beroperasi saat upaya pencurian kendaraan sedang terjadi dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan memungkinkan pengguna Hyundai Bluelink untuk mengidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka. (SETYO ADHI/EK)

Baca Juga:  Deretan Mobil Low MPV Buat Mudik Dan Sambut Libur Idul Fitri 2022

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *