Mobil  

Honda Umumkan Platform dan Baterai Khusus Mobil Listrik

tautekno.com – Pabrikan umumkan detail sasis, baterai dan kemampuan Honda e. Ia merupakan mobil listrik pertama yang dibangun pada platform EV khusus. Si mungil e menampilkan baterai berkapasitas tinggi 35,5 kWh. Penyimpanan tenaga bisa diisi menggunakan koneksi listrik AC Tipe 2 atau pengisian cepat CCS2 DC dengan indikasi LED. Seberapa menarik?

“Konfirmasi sasis, platform, baterai dan detail pengisian daya dari Honda e menandai tonggak penting persiapan kami. Khususnya dalam mengungkap versi produksi massal pada akhir tahun ini. Anda yang penasaran, nantikan Honda e Prototype beraksi untuk pertama kalinya di Inggris, di ajang Goodwood Festival of Speed bulan depan,” terang Phil Webb, Head of Car Honda UK.

Dalam menawarkan pengalaman berkendara responsif, platform Honda e dikembangkan dengan berfokus pada lingkungan perkotaan. Desainnya mungil nan ramping. Kemudian baterai diposisikan secara terpusat di antara sumbu roda di bawah lantai mobil. Susunannya, dikatakan tak mengganggu ruang kabin. Peranti terpasang rapi, memberi distribusi bobot 50:50.

Baca Juga:  BMW 1 Series Generasi Baru Mendebut Tanpa Penggerak RWD

Tujuannya, agar handling dan stabilitas optimal saat kendaraan bergerak. Maklum, orientasinya memang sebagai mobil perkotaan. Kemudian tenaga dari motor listrik bertorsi tinggi disalurkan melalui roda belakang. Diklaim memberikan presisi kemudi bahkan pada akselerasi tinggi. Konon sesuai dengan harapan kaum urban Eropa yang suka mobil “hijau”.

Menurut Honda, platform ini menawarkan kombinasi kenyamanan dan kelincahan berkendara. Ditunjang oleh suspensi independen pada empat roda. Unsur komponen penyokong menggunakan bahan aluminium, untuk mengurangi bobot dan menguntungkan kinerja serta efisiensi. Rancang bangun ini memberi overhang yang pendek. Bertujuan memberi kelincahan dan manuver berkendara yang menyenangkan.

Baterai dan Pengisian Daya

Saat terisi penuh, baterai 35,5 kWh Lithium-ion, sanggup memberi daya jangkauan lebih dari 200 km. Jadi cukup untuk beranjangsana di perkotaan. Kemampuan pengisian daya baterai juga dibilang kilat. Untuk mengisi hingga 80%, hanya dalam tempo 30 menit. Di kabin, tersisip layar sentuh yang tak disebutkan ukurannya. Namun Anda bisa menggunakannya untuk memetakan aliran daya terpakai dan status regenerasi pengisian ulang.

Baca Juga:  PT Chery Sales Indonesia Buka Serentak Pop Up Showroom di Tujuh Kota Tanah Air

Baterai pada mobil listrik memang mudah panas. Namun Honda mendinginkannya menggunakan air untuk mempertahankan kondisi termal yang optimal. Sehingga memaksimalkan efisiensi baterai, kondisi pengisian daya dan usia yang lebih panjang. Mobil listrik ini merupakan bagian penting dari komitmen 100% elektrifikasi Honda. Perusahaan telah menerima 31.000 peminat di seluruh Eropa. Produksi Honda e, diharapkan dilakukan pada akhir tahun ini. Lengkap dengan interior futuristik yang menampilkan dashboard. Dan didominasi oleh lima layar serta kamera pintu belakang sebagai standar. (Alx/Van)

Sumber: Honda

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Teaser Sudah Muncul, Cek Fakta Terkini Toyota Innova Zenix 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *