Mobil  

Hindari Kecelakaan Saat Pergi Ke Luar Kota, Bisa Lakukan Langkah Mudah Ini

tautekno.com – JAKARTA – Pasangan selebtritis Vanessa Angel dan Febry “Bibi” Ardiansyah dilaporkan tewas usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang Mojokerto, Jawa Timur. Keduanya diketahui sedang melakukan perjalanan menuju Surabaya menggunakan kendaraan pribadi Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate dari Jakarta. Hingga saat ini dugaan penyidik kepolisian menyatakan kecelakaan maut tersebut disebabkan oleh kurangnya konsentrasi pengemudi, yang juga merupakan asisten dari Vanessa Angel.

Selain membutuhkan stamina yang prima saat melakukan perjalanan jauh ke luar kota menggunakan kendaraan pribadi ada baiknya memeriksakan juga kondisi kendaraan Anda. Ada beberapa komponen kendaraan juga yang dapat Anda cek secara mandiri tanpa harus membawanya ke bengkel resmi. Menjaga kondisi kendaraan yang prima menjadi salah satu kunci menghindari terjadinya kecelakaan fatal saat melakukan perjalanan jauh ke luar kota. Berikut bagian-bagian kendaraan yang dapat Anda cek kondisinya secara mandiri sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi.

Air Radiator

Sebelum melakukan perjalanan jauh, selalu pastikan air radiator mobil dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level aman. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Jika menemui selang yang menggelembung atau retak, segera ganti untuk menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Kondisi Filter dan Selang Bensin

Pastikan selang bahan bakar enggak mengalami keretakan atau kebocoran. Nah kalau yang ini Anda wajib melakukannya di bengkel resmi atau teknisi yang ahli agar dapat memastikan filter bensin tidak tersumbat. Bagi pemilik kendaraan yang rutin melakukan servis berkala biasanya akan mendapatkan pengecekan dari mekanik secara gratis.

Oli Mesin

Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Anda dapat melakukannya secara mandiri dengan memeriksa level pada stik oli dan level oli harus berada di garis antara tanda L dan F. Selain itu pastikan juga oli yang digunakan pada kendaraan Anda diganti sesuai dengan batas kilometer yang tertera pada buku panduan atau yang sudah ditentukan oleh bengkel.

Baca Juga:  Kebiasaan Mengemudi yang Membuat Kampas Rem Mobil Matic Cepat Menipis

Putaran Kipas Pendingin atau AC

Salah satu komponen yang juga tak kalah pentingnya adalah kipas AC dan belt. Anda dapat melihat secara kasat mata kondisi belt yang berada di paling depan mesin kendaraan. Bila belt dalam kondisi retak-retak, segera diganti di bengkel terdekat dan cek juga ketegangan tension belt, agar putaran kipas dapat optimal.

Namun bila kendaraan tersebut memiliki kipas AC yang diputar oleh motor listrik, Anda wajib memeriksa kondisi motor listrik masih dalam keadaan baik dan layak. Untuk tahu apakah pedinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah, perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur. Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman. Tapi kalau lebih dari setengah sebaiknya berhenti dan tunggu sampai mesin mobil dingin lalu periksa kondisi air pendingin dan kipas.

Baterai/ Aki

Periksa kondisi Baterai atau aki secara menyeluruh, biasanya posisi baterai terdapat di tempat yang mudah dijangkau dan dilihat. Pastikan seluruh komponen yang terdapat pada aki, cek kondisi baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki agar selalu pada posisi batas aman dengan menggunakan air aki murni. Hindari mengisi air aki dengan air zuur (H2S04) agar kualitas aki mobil tetap terjaga.

Baca Juga:  Mengenal Taft GT, Mobil SUV Jadul Kepunyaan Daihatsu

Timing Belt

Salah satu komponen penting yang wajib diperhatikan saat melakukan servis berkala di bengkel. Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer pada speedometer. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 km, sebaiknya segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan.

Rem

Sistem pengereman menjadi salah satu kunci utama dalam menjaga kecepatan kendaraan dan menghindari terjadinya benturan di jalan raya. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah memastikan level minyak rem berada di posisi aman. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran.

Periksa juga kemungkinan kebocoran di bagian lain seperti selang dan master rem, serta periksa bagian dalam velg apakah ada indikasi oli bocor. Setelah itu pastikan juga kondisi rem bekerja dengan maksimal sesuai dengan respon yang diinginkan oleh pengendara.

Saringan Udara

Udara yang bersih di dalam kabin juga menjadi faktor penting untuk memberikan rasa nyaman saat melakukan perjalanan jauh ke luar kota. Anda dapat membersihkan air filter atau saringan udara sebelumnya melakukan perjalanan jauh dan lakukan penggantian setiap memasuki jarak tempuh 10.000 km.

Ban

Sebelum memulai perjalanan sangat dianjurkan untuk memeriksa kondisi ban dalam keadaan prima dan siap pakai. Pasalnya perjalanan jauh membutuhkan durabilitas dari ban dengan fisik yang baik seperti tekanan yang pas dan kondisi kembangan yang baik. Anda dapat melakukan pengecekan tekanan ban dengan melihat anjuran tekanan ban yang tertera pada bagian dalam pintu pengendara. Biasanya kendaraan penumpang berkisar antara 30 – 34 psi tergantung jenis kendaraannya.

Lampu

Biasanya saat melakukan perjalanan jauh kita akan berkendara di siang dan malam hari, nah saat memasuki malam hari komponen seperti lampu utama wajib digunakan untuk memberikan penerangan. Ada baiknya memeriksakan kondisi lampu kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh agar tidak mengalami masalah saat berkendara malam hari. Bila ada lampu yang mati, sebaiknya segera diganti dengan spesifikasi yang dianjurkan serta aman untuk pengendara lain.

Baca Juga:  Baru Mendarat di Indonesia, Honda Kenalkan Accord Turbo di GIIAS 2019?

Wiper

Ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wiper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal. Jika karet wiper sudah tidak bekerja secara maksimal Anda dapat menggantinya secara mandiri di mana saja. Namun tidak ada salahnya juga untuk membawanya ke bengkel resmi atau khusus wiper.

Dengan melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen tersebut Anda telah berusaha untuk mengurangi terjadinya kecelakaan di jalan raya saat bepergian jauh. Jangan lupa juga untuk melakukan servis berkala sesuai dengan anjuran di buku panduan kendaraan Anda. (ALVANDO NOYA/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *