Hindari Distraksi Mengemudi dari Teknologi

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/08/08/20170808160648-024c.jpg”>

Teknologi semakin berkempang dengan pesat

Saat ini, teknologi semakin berkempang dengan pesat, dan manusia menggunakannya untuk mempermudahkan kehidupannya. Khususnya, di bidang lalu lintas, memaksimalkan kegunaan perangkat seluler dan sistem GPS diharapkan mampu memperlancar perjalanan dan tentu saja bukan sebaliknya.

Perangkat seluler dan sistem GPS kini sudah menjadi barang yang umum ada di mobil. Namun, perangkat tersebut ternyata bisa membuat pengemudi terganggu konsentrasinya.

Saat ini, GPS sudah digunakan untuk berkendara dari satu kota ke kota lain, coba untuk tidak terlalu bergantung alat tersebut dan tetap fokus pada rambu-rambu lalu lintas serta petunjuk jalan. Alasannya GPS tidak selalu bisa mengupdate jalan baru yang ditunjukkan dengan rambu lalu lintas.

Baca Juga:  Tips dan Cara Mengatur Lampu Depan Mobil dengan Benar

Selanjutnya, ketahui GPS yang anda sedang gunakan. Ternyata banyak orang yang mengandalkan GPS agar tidak tersesat jalan, sedangkan beberapa GPS juga sudah dilengkapi dengan informasi penting sepertinya adanya perbaikan jalan, tempat hiburan atau tempat istirahat.

Bagaimana Carar Hindari Distraksi Mengemudi dari Teknologi

Kalau anda membuat playlist lagu sebelum memulai perjalanan, hal ini baik saja. Bila ini tidak dilakukan maka kemungkinan besar anda akan mengutak atik sistem hiburan hanya untuk mendengarkan lagu yang diinginkan. Padahal ini adalah salah satu bentuk gangguan karena perhatian anda teralih pada hal lain di luar mengemudi. Jadi akan lebih baik lagi kalau anda mematikan music. Dengan demikian, anda bisa mendengar apa yang ada di sekitar kendaraan.

Baca Juga:  [Infografik] Pilih Tempat Duduk Dalam Mobil

Terakhir, jangan melakukan dan menerima telepon, membaca dan mengetik pesan serta membuka social media melalui HP. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa melakukan semua hal tersebut dapat menyebabkan konsentrasi terpecah dan memperlambat respon saat mengemudi.

Sistem bantuan untuk pengemudi bisa menjadi hal sempurna untuk menutupi kelemahan yang dimiliki manusia namun ia juga beresiko mengganggu konsentrasi. Pengemudi harus tetap menyadari apa yang sedang terjadi di sekitarnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Pahami Tiga Setelan Spray Gun Saat Proses Pengecatan Bodi Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *