Hal-hal yang Sering Dilupakan dalam Merawat Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/22/XlYbOKmo/f-6e53.jpg”>

Dalam merawat mobil, sangat penting bagi kita untuk mengerti bahwa perawatan rutin bukan hanya akan menghemat uang teman di kemudian hari, tetapi juga memperlama jangka waktu pemakaian mobil teman.

Berikut beberapa hal yang sering dilupakan dalam merawat mobil yang sudah dirangkum oleh tim Cintamobil dari berbagai sumber, yaitu:

1. Pergantian oli secara berkala akan merawat mesin

Jangan pernah lupa untuk mengganti oli secara berkala

Oli merupakan komponen penting dalam baik dan buruknya mesin. Jangan lupa jika pergantian oli yang baik berkisar dalam jangka 3.000 sampai dengan 7.500 km. Setelah itu, jangan harapkan mesin teman bisa berjalan dengan mulus. Oli yang kotor akan membuat mesin menjadi lebih cepat rusak

2. Perhatikan kondisi rem

Hindari berkendara dengan rem aus

Ketika mobil teman mulai menunjukan tanda-tanda bergetar dan mendengar suara yang keras saat sedang melakukan pengereman, berarti itulah saat terakhir teman memakai rem tersebut. Segeralah ganti kampas rem teman dengan yang baru. Jangan mengambil resiko dengan terus menggunakan kampas rem yang sama ketika mereka sudah menjerit atau terlalu tipis.

Baca Juga:  Kepolisian Mengeluarkan Sistem Pelaporan Parkir Liar Berbasis Aplikasi

3. Rotasi ban mobil

Rotasi ban mobil

Kadang, teman bisa menemukan bahwa satu ban lebih cepat habis dibandingkan ban yang lainnya. Tergantung lokasi ban, kanan depan, kiri depan, kanan belakang dan kiri belakang, mereka akan habis secara tidak merata. Untuk itu, rotasi ban teman setidaknya 6 bulan sekali.

4. Perhatikan kondisi ban mobil

Ganti ban mobil sebelum botak

Jangan pernah menunggu sampai ban menjadi botak batu ditukar. Ketika ban teman sudah menunjukkan tanda-tanda akan mengalami kebitakan, gantilah secepatnya. Bahakn, ban yang sudah tipis akan menambah resiko mobil teman mengalami slip kekita melakukan pengereman di jalan basah maupun ketika akan berkelok. Untuk menghindari kejadian tersebut, selalu perhatikan kondisi ban teman ketika sedang melakukan perawatan mobil.

Baca Juga:  Memperbaiki Kerusakan Lampu Sein atau Lampu Sinyal di Rumah

5. Perhatikan filter udara mobil

Jangan biarkan filter udara kotor

Pemilik kendaraan sering mengabaikan hal ini. Karena tidak ada bukti yang cukup jelas kapan kita harus mengganti filter udara mobil. Teman bisa mengatakan bahwa filter udara sudah sangat kotor ketika melihat kotoran sudah berlapis-lapis memenuhi filter tersebut. Segera ganti filter udara sebelum teman melihat kotoran menumpuk di filter udara tersebut.

6. Ganti wiper kaca depan

Wiper sangat penting ketika berkendara dalam keadaan hujan

Terlalu sering pengemudi tidak memperhatikan kesehatan wiper kaca depan. Padahal, wiper merupakan salah satu bagian penunjang ketika sedang mengemudi dalam keadaan hujan. Dengan wiper yang sudah mulai using, kaca depan teman bisa saja tidak terbersihkan dengan baik dan meninggalkan buram yang bisa mengganggu teman ketika mengemudi dalam keadaan hujan.

7. Periksa tutup bensin

Periksa tutup bensin

Selama bertahun-tahun, tutup bensin akan kehilangan kemampuannya untuk menutup dengan baik. Ketika teman banyak kehilangan bahan bakar atau “lampu mesin” menyala, coba perhatikan tutup bensin teman. Jika tutup bensin teman sudah cukup tua, segeralah mengganti dengan yang baru.

Baca Juga:  7 Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *