Gunakan Posisi N Daripada Posisi D Saat Mobil Berhenti Sejenak

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/05/14/djfRYNBK/download-8b31.jpg”>

Ketika Anda menemukan lampu merah, Anda yang taat dengan peraturan lalu lintas pasti akan membuat mobil berhenti sejenak sambil menunggu lampu hijau menyala. Mengingat mudahnya pengoperasian mobil matic, terkadang beberapa pengguna sering menginjak rem kaki sambil menahan mobil di posisi D daripada mengatur posisi transmisi ke posisi N.

Lampu merah dengan waktu penunjuk

Jika demikian, maka baiknya jangan diteruskan kebiasaan ini agar mobil anda tahan lama. Mengapa demikian? Saat mobil berhenti sejenak dan menahan mobil dengan rem kaki di posisi D, torque converter pada transmisi akan terus bekerja walaupun tidak banyak udara yang masuk sehingga oli transmisi akan bekerja secara ekstra di suhu yang panas. Selain itu kampas rem akan cepat habis karena harus menahan laju kendaraan. Belum lagi jika Anda sedang melakukan kegiatan lain seperti berkomunikasi, yang membuat anda tidak fokus dan secara tidak sadar melepaskan injakan rem. Sudah pasti akan terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan hanya karena hal sepele ini.

Baca Juga:  Beberapa Model City Car Tidak Punya Hand Grip, Ini Alasannya

Jangan pernah menginjak rem ketika sedang berada di Posisi D

Opsi paling baik adalah merubah dari Posisi D ke Posisi N atau netral ketika mobil berhenti sejenak dan gunakan rem tangan agar mobil tidak mudah bergerak. Selain untuk meminimalisasi potensi kerusakan atau aus pada komponen rem kaki, kinerja mesin tidak akan terhubung dengan girboks dan membuat torque converter pada transmisi tidak bekerja sehingga girboks tidak cepat rusak.

Selalu dalam posisi netral ketika berhenti sejenak

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Ini Tips Menggunakan Fitur Cruise Control dengan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *