Mobil  

Ferrari Jakarta Terapkan Program Classiche, Layanan Service Mobil Klasik

tautekno.com – Jumlah Ferrari klasik di Indonesia tak bisa dibilang sedikit. Sebelum adanya APM yang menaungi, sportscar Italia ini sudah lebih dulu mengaspal di Tanah Air. Bukan hanya yang berusia 10 tahun, bahkan Ferrari mulai keluaran era 70an, seringkali terlihat di acara-acara khusus. Atau saat “ditunggangi” pemiliknya di akhir pekan. Jenis yang adapun tak main-main, misalnya Dino, 512 TR, 308 GTB dan banyak lagi. Mobil-mobil ini masuk dari jaringan importir umum atau mungkin diimpor sendiri.

Hal ini dikonfirmasi Maulana Indraguna Sutowo, Owner dan CEO Ferrari Jakarta. “Ferrari klasik di Indonesia semakin tahun semakin ramai. Makanya kami terapkan program Classiche sesuai arahan dari Ferrari pusat. Apapun model dan tahunnya, kami pasti terima, walaupun bukan beli dari kami. Karena dulu di Indonesia belum ada APM. Biasanya mulai usia 10 tahun ke atas, sudah pindah divisi ke Classiche untuk jaringan servisnya.”

Baca Juga:  Jangan Gunakan Ban Cadangan Temporary Tire untuk Harian, Ini Alasannya

Dilansir dari laman resminya, Ferrari Classiche merupakan divisi khusus yang menyediakan layanan restorasi, pemeliharaan serta sertifikasi keaslian mobil klasik Ferrari. Pertama kali beroperasi 2006 di Montezemolo Italia. Awal pemikirannya muncul saat mereka menyadari banyak kolektor yang memelihara, bahkan sejak 1948 pertama kali mobil ini diproduksi.

Usia yang sudah uzur tentu membuat kinerja mobil semakin berkurang. Sementara ketersediaan spare part semakin sulit ditemukan. Tak hanya itu, kemampuan mekanik khusus juga dibutuhkan. Memelihara dan merawat Ferrari diklaim membutuhkan skill khusus, karena DNA sebagai mobil sport papan atas. Menurut mereka apa yang ada di dalamnya cukup rumit. Apalagi yang sudah terintegrasi dengan komputer.

Para pemiliknya tentu menginginkan, mobil bisa bekerja sebagaimana mestinya. Selain performa, tentu faktor keamanan juga menjadi pertimbangan. Berkaca dari itu, Ferrari menawarkan restorasi yang menjamin kembalinya kondisi mobil seperti baru. Jika mobil sudah tercampur aduk dengan spare part non-Ferrari, mereka bisa memproduksi ulang sesuai yang dibutuhkan. Makanya sediaan barangnya bakal terjamin.

Baca Juga:  Porsche Indonesia Tawarkan Layanan Tambahan Summer Package, Apa itu?

Sertifikasi juga dinilai penting. Ini membuktikan dokumentasi keaslian mobil lengkap. Legitimasinya jelas dan tentu memudahkan proses jual beli. Untuk mendapatkannya, diadakan inspeksi menyeluruh oleh tim mekanik khusus. Mulai dari sasis, mesin, gearbox, transmisi, suspensi, rem, roda, bodywork dan interiornya harus asli atau setidaknya memenuhi spesifikasi.

Semua proses tadi bisa dilakukan di Indonesia, namun tentu memakan waktu lebih lama ketimbang di negara asalnya. Maklum, spare partnya harus inden. “Kalau spare partnya sendiri kami gak ready stock. Tapi bisa dibantu untuk pesan langsung ke Italia. Karena mereka pasti sedia,” tutup Indraguna. (Hel/Odi)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Jaga Pemudik, Suzuki Siagakan Ratusan Mobil Derek dan Posko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *