Mobil  

Daihatsu Kenalkan Teknologi Transmisi dan Keamanan Rocky Pada Komunitas

tautekno.com – JAKARTA – Tidak dipungkiri kehadiran Daihatsu Rocky di pasar Tanah Air telah mendapatkan respon yang positif. Ditambah lagi, kendaraan ini juga masuk sebagai kategori penerima relaksasi PPnBm yang diberlakukan sejak Maret 2021 lalu.

Semenjak diluncurkan pada April 2021 lalu, antusiasme dari konsumen terus meningkat tak terkecuali komunitas mobil Daihatsu di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, PT Astra Daihatsu Motor menggelar Auto Clinic dengan tema “Teknologi A.S.A dan D-CVT Daihatsu Rocky” pada 28 Agustus 2021. Kegiatan yang diadakan secara virtual ini diikuti oleh pengurus dan anggota 20 komunitas Daihatsu di seluruh Indonesia.

Lewat kegiatan ini Daihatsu membedah teknologi baru yang terdapat di Rocky dan membagikannya pada peserta yang merupakan konsumen Daihatsu. Teknologi A.S.A (Advanced Safety Assist) merupakan fitur keselamatan aktif dan tertinggi di kelasnya, yang berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi untuk meminimalisir resiko kecelakaan. Fitur ini secara otomatis akan memberi peringatan jika mendeteksi potensi tabrakan dengan kendaraan lain. Selain itu, jika diperlukan sistem juga akan melakukan pengereman mendadak untuk mengurangi dampak benturan dengan kendaraan lain.

Baca Juga:  VIDEO: First Drive Hyundai Staria, Sudah Layak Jadi Lawan Alphard?

Fitur ini juga akan bekerja ketika pengendara dirasakan salah menginput pedal akselerator yang mengakibatkan kendaraan meluncur tanpa kendali. Saat kondisi macet, peranti tersebut juga akan memberikan peringatan jika kendaraan di depan sudah melaju dan kondisi sekitar aman untuk dilalui. Masih di dalam fitur yang sama, sensor akan memberikan peringatan ketika kendaraan melalui garis marka tanpa sengaja dan secara otomatis mengembalikan mobil ke lajur sebelumnya.

PT ADM juga menjelaskan bagaimana sistem pada fitur A.S.A ini bekerja, yang secara prinsip kerja A.S.A diawali dari kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil. Kemudian sinyal kamera tersebut dikirim ke ECU dan mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

Baca Juga:  Ketahui Aturan Resmi Terkait Recall Kendaraan di Indonesia

Sementara itu Daihatsu Rocky juga dibekali dengan sistem transmisi Dual Mode CVT (Continuously Variable transmission) yang merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada. Pada sistem CVT yang sudah disempurnakan ini transmisi memiliki mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear. Sehingga penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga, sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit.

“Kami ingin memperkenalkan teknologi terbaru Daihatsu Rocky kepada Sahabat Klub sebagai pelanggan setia dan juga merupakan bagian dari keluarga besar Daihatsu yang member-nya tersebar di seluruh Indonesia”, kata Ben Faqih, People Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM). (ALVANDO/RAJU)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Peristiwa Perampokan Ambulans COVID-19 pada 2021, Polisi Rejang Lebong Berhasil Memburu Pelaku Ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *