Cara Mudah Periksa Kondisi Suspensi

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/07/20/20170720122154-d075.jpg”>

Suspensi memainkan peran penting bagi kenyamanan dan pengendalian mobil. Suspensi menjadi salah satu sistem yang harus diperhatikan kondisinya sesudah perjalanan jauh. Terutama bagi mobil yang berjalan dengan beban penuh/berat dan melewati banyak jalan yang tidak rata. Pada dasarnya ada 2 komponen yang harus dicek, yaitu sokbreker dan karet-karet.

1. Sokbreker

2. Karet-karet

Karet top mounting: Komponen ini terletak di bagian atas sokbreker. Ia menjadi penampang yang mengunci sokbreker dengan bodi. Pada beberapa mobil, bagian ini terlihat jelas karena ditempatkan di tempat terbuka seperti engine bay.

Cara mengecek kondisi karet top mounting tidak sulit. Hal ini dapat terlihat pada waktu mobil melewati markah jalan. Mobil akan tetap melaju lurus jika kondisi karet masih bagus. Jika mobil sampai berpindah jalur, maka berarti karet sudah rusak atau bahkan pecah.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-Z 2017

Bushing arm: Deteksi pertama terhadap kondisi karet bushing arm adalah suara. Bila mobil sedang mengayun dan timbul suara menderit maka artinya karet bushing sudah getas atau pecah.

Untuk memastikan, dongkrak mobil, copot roda lalu perhatikan karet bushing. Jika ada retakan atau bahkan pecah sama sekali maka cara terbaik adalah menggantinya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *