Cara Menggunakan Rem Mobil dengan Benar dan Ampuh

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/08/Ay6TmsFs/euroncapautonomousem-b538.jpg”>

Kebiasaan mengerem yang baik bisa membedakan antara hidup dan mati. Teknik pengereman yang bagus tidak hanya akan sedikit menimbulkan stress pada pengemudi dan pengumpang, tapi juga memperpanjang umur kendaraan itu sendiri. Beberapa tips pengereman dari Cintamobil berikut bisa anda terapkan, yaitu

1. Jangan mengerem terlalu banyak

Ini mungkin tampak aneh, namun beberapa pengemudi menekan pedal rem secara terus-terusan. Kecuali anda berhenti di lampu merah atau mengerem untuk menghentikan mobil, anda tidak harus sering-sering menekan rem. Hal yang paling baik adalah membiarkan kendaraan melambat dengan sendirinya, terutama saat anda mengemudi di jalan raya.

Perhatikan kebiasaan mengerem anda agar tidak merusak komponen rem

Sebaiknya, hindari tailgating (menguntit dan mengikuti mobil di belakang dengan jarak yang mepet). Tailgating hanya akan membuat anda menekan rem terus-menerus untuk mengimbangi mobil di depan. Para ahli juga merekomendasikan agar pengemudi selalu waspada untuk mengikuti mobil di depan, memastikan bahwa anda tidak membanting rem pada detik terakhir.

Baca Juga:  Dua Layanan Auto2000 Bikin Tenang Gunakan Mobil Toyota Setelah Mudik

2. Rem lebih awal

Sama dengan yang di atas, pastikan untuk melambat lebih awal ketika berkendara di jalan raya. Pastikan untuk melambat dan jangan menunggu sampai saat terakhir untuk menekan rem anda. Menekan rem disaat terakhir tidak hanya menyebabkan kerusakan dan pemakaian yang tidak perlu di bantalan rem anda.

Jangan mengerem disaat-saat terakhir untuk menghindari kecelakaan

Mengerem disaat terakhir juga akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Kendaraan yang berhenti mendadak merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya kecelakan di jalanan. Untuk menghindarinya, lepaskan kaki dari peda gas lau dengan perlahan tekan rem saat anda mulai melihat lalu lintas di depan melambat.

3. Jangan mengerem dengan keras ketika berbelok

Terkadang kita melihat bagaimana seorang pengemudi mengambil sudut berbelok dengan kecepatan siput dan mulai mengerem menuju lajur mereka atau menuju parkiran. Tentu saja hal ini merupakan salah satu ide buruk yang bisa dilakukan oleh seorang pengemudi. Tidak hanya mengganggu pengguna jalan lain, tapi juga meningkatkan keausan pada bantalan dan kaliper anda.

Baca Juga:  Tips Memasang Child Seat Di Mobil

Perhatikan juga kecepatan ketika mengerem

Sebaiknya, lepaskan pedal gas ketika anda akan berkelok dan dengan perlahan tekan pedal rem. Ketika anda mulai berbelok, angkat kaki dari pedal rem dan dengan perlahan lagi tekan pedal gas. Dengan begini, anda bisa mengatur kecepatan ketika berbelok dan tidak menghambat pengguna jalan lain.

4. Gunakan teknik yang benar

Metote Pivot merupakan cara yang paling mudah untuk menekan rem dangan mulus dan konsisten. Untuk menekan rem dengan metode Pivot, pengemudi harus:

Gunakan teknik Pivot untuk rem yang mulus dan konsisten

Mengerem bisa dibilang salah satu skill yang pasti diperlukan ketika anda berkendara. Mengerem membutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk menerapkan skill ketika berkendara di jalan raya. Karena itu, mengetahui cara mengerem yang baik merupakan kunci dari pengendaraan yang baik di jalanan. Keep safety riding, guys!

Baca Juga:  Sedikit Lebih Mahal, Bagaimana Harga Kredit Datsun Go+ Panca di Bandung?

Perhatikan video pengereman yang baik disini

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *