Cara menggunakan AC untuk Menghemat Bahan Bakar

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/20/XlYbOKmo/a-2670.jpg”>

Banyak orang mengira menurunkan jendela akan menghemat bahan bakar

Penelitian ini telah dilakukan di Filipina yang melibatkan 1000 orang pengemudi, berusia mulai dari 18 sampai dengan 40 tahun, dan dilakukan oleh perusahaan peneliti independen, Edelman Berland.

Orang-orang Filipina percaya bahwa dengan mematikan AC dan menurunkan jendela bisa berakibat berkurangnya asupan bahan bakar. Karena itu, banyak pengendara yang mematikan AC ketika mereka sudah mendekati akhir perjalanan, contohnya ketika tempat yang dituju tinggal beberapa blok lagi.

Meskipun musim hujan yang sudah terjadi di Filipina, tetapi cuaca masih panas dengan kelembapan udara yang membuat beberapa pengemudi untuk menghidupkan AC mobil mereka. Tetapi, dengan musim sekolah yang baru saja dimulai, mereka mencari cara untuk melakukan penghematan. Dan menurut mereka, mematikan AC bisa menghemat pemakaian bahan bakar.

Tetapi, sebagian pengendara lain berpendapat bahwa menurunkan kaca mobil dapat menimbulkan hambata mobil terhadap angin, yang akan mengakibatkan tarikan. Menurut mereka, hambatan yang tercipta ketia mereka menurunkan jendela mengakibatkan mobil bekerja lebih keras, dank arena itu akan menggunakan lebih banyak bahan bakar.

Baca Juga:  Service Mobil Mitsubishi Bisa di Rumah Saja dengan Layanan Ini

Sebagian berpendapat, menurunkan jendela menimbulkan hambatan angin

Jada, apa yang seharusnya teman lakukan untuk menghemat bahan bakar? Jawabannya tergantung dengan bagaimana cara teman melakukannya. Mengaktifkan atau mengnonaktifkan AC mobil dapat membantu mengurangi dan memperbaiki efisiensi bahan bakar anda, tergantung juuga dengan kondisi mengemudi.

Dengan sedikit pengetahuan, teman bisa memiliki control atas efisiensi bahan bakar teman, Shell akhirnya melakukan penelitian untuk menguji tantangan berkendara yang hemat bahan bakar untuk mempromosikan perilaku cerdas dan hemat bahan bakar.

Dua ibu-ibu yang menggunakan blog, Sarah Tirona dari Fashion Eggplant dan pemilik blog Momma ‘N Manila, Mish Aventajado mengalahkan peneliti ahli lainnya dengan menyetir dengan AC dan menurunkan jendela ketika kecepatan pelan. Jadi mereka memakai AC ketika sedang berlari kencang dan mematikan AC ketika sedang lambat. Hal ini terbukti sukses menghemat penggunaan bahan bakar.

Baca Juga:  Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Langsung dari Tangan Pertama

Matikan AC ketika perjalanan lambat

Bagaimana dengan tarikan ketika jendela dibuka? Hal ini bergantung pada desain mobil dan faktor musim yang mempengaruhi. Saat jedela dibuka, hambatan angin hanya akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar dengan kecepatan sekitar 85-90 km/jam.

Jika teman mengemudi dibawah kecepatan 85 km/jam, seperti ibu-ibu blogger di atas, membuka jendela merupakan pilihan yang benar. Jika teman mengemudi dengan kecepatan lebih dari 85 km/jam, inilah saat-saat yang baik untuk menghidupkan AC dan tetap menghemat bahan bakar.

Jeff Chan, Manajer untuk Barnd Shell Fuels dari Philipinas Sheel, dikutip dari Motion Cars, mengatakan “[Penelitian] ini membantu untuk menjadi cerdas dalam efisiensi bahan bakar. Itulah sebabnya kami menyarankan pengendara untuk memanfaatkan saat-saat untuk memnghemat bahan bakar.”

Baca Juga:  Pilih Membeli Mobil Bekas Milik Perorangan atau dari Diler?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *