Cara Mengemudi Aman Saat Cuaca Berkabut

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/04/25/20170425105217-57fb.jpg”>

Kondisi berkabut memang adalah suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh semua orang dalam perjalanan. Kabut menggangu jarak pandang pengemudi sehingga dapat menyebabkan berbagai tabrakan atau kecelakaan yang sangat bahaya. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lalukan agar tetap aman berkendara di situasi jalan yang tertutup kabut.

Kabut asap mengganggu jarak pandang pengemudi

1. Menyala lampu kabut

Lampu kabut merupakan sebuah fitur standar yang banyak digunakan pada berbagai jenis mobil. Tidak hanya sebagai hiasan saja, lampu kabut memiliki peranan yang sangat penting khususnya dalam perjalanan jauh. Ingatlah menyala lampu kabut kalau kabut menghalangi jarak pandang.Tujuannya adalah agar pengguna jalan lain mengetahui posisi mobil Anda lebih jelas. Selain itu, Lampu kabut juga memberikan sinar penerangan alternatif agar Anda dapat melihat jelas berbagai jenis lintasan yang Anda lalui dari gundukan tanah, jalanan yang tidak rata hingga jalan yang berlubang.

Baca Juga:  [HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Jelang Libur, Pelajari Cara Membawa Barang di Bagasi

Menggunakan GPS saat melewati jalan berkabut

2. Menggunakan GPS

GPS membantu Anda melalui jalanan yang berkabut. Saat Anda menemui kabut tebal, hentikanlah mobil Anda sebentar dan membuka GPS lalu memantau kondisi jalanan melalui GPS.

3. Menjaga kecepatan stabil

Menjaga kecepatan stabil

4. Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain

Selanjutnya adalah menjaga jarak aman antara mobil Anda dengan mobil di depan Anda. Jarak aman adalah dari 30m sampai ­50mkarena mobil di depan Anda mungkin tiba-tiba mengerem atau berhenti saat terjadinya kecelakaan atau lainnya.

Menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya

5. Menyalakan AC

Tujuan menyala AC adalah menghindari embun pada kaca depan. Jika memang terasa sangat dingin, arahkan kisi­-kisi AC ke arah atas ataupun mengatur panel AC agar sirkulasi udara mengarah ke kaca depan.

Baca Juga:  Komparasi Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra, Akhir Tahun Pilih Mana?

6. Fokus ketika menyetir

Ini merupakan cara terakhir. Hindari menyetir dalam kondisi lelah, tetap menyediakan konsentrasi penuh terhadap jalanan yang Anda lalui. Jika memang Anda tidak mampu menguasai jalanan, tunggu sebentar sampai kabut menipis.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *