Cara Aman dan Mudah Untuk Memperpanjang Daya Tahan Baterai

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/27/XlYbOKmo/d-ee00.jpg”>

Biasanya baterai bertahan antara 2 sampai 5 tahun. Sebenarnya baterai yang dijaga dengan baik bisa bertahan mencapai 5 tahun, namun kebanyak pemilik mobil tidak bisa mempertahankan baterai dengan melakukan hal-hal yang merusak. Untuk memperpanjang daya tahan baterai, ada beberapa tips yang bisa teman lakukan, yaitu

1. Batasi penjalanan pendek

Menggunakan mobil dalam perjalanan pendek bisa menghambat baterai mobil terisi dengan penuh. Pertahankan daya baterai mobil dengan berkendara dengan teratur dan dalam waktu yang cukup lama. Jika tidak sering menggunakan mobil, pertimbangkan untuk memakai pengisi baterai mobill portabel.

Baterai yang kurang kencang akan mudah terguncang

2. Pastikan baterai terpasang erat pada mobil

Baterai yang tidak terpasang erat akan mempermudah terjadinya getaran yang berpotensi mengakibatkan kerusakan internal dan sirkuit pendek. Dalam perawatan mobil, selalu minta pada teknisi untuk memperhatikan baterai, terutama ketika teman sering berkendara dalam kondisi jalan yang bergelombang. Pastikan baterai terpasang dengan benar di braket pemasangan.

3. Matikan semua lampu ketika mematikan mobil

Ketika teman akan mematikan mobil tapi lampu depan masih menyala, baterai akan mati dalam keadaan terkejut. Hal ini tentu saja akan membuat baterai lebih mudah rusak. Untuk itu, selalu ingat untuk mematikan semua lampu dan fitur elektronik ketika akan mematikan mobil.

Baca Juga:  Tidak Perlu Panik, Ini Tips Saat Lampu Indikator di Panel Instrumen Mobil Menyala

Jangan biarkan korosi memperpendek usia baterai

4. Kontrol korosi yang terjadi

Terminal baterai seringkali mengalami korosi. Tapi mencegah terjadinya korosi yang terjadi pada baterai bisa memperlama umur baterai. Untuk melakukannya, gosok terminal dengan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam larutan baking soda dan air. Kemudian, dengan menggunakan botol semprot dengan air dingin, bilas campuran tersebut dan selesaikan pengeringan dengan kain bersih.

5. Sering menguji baterai

Mengetahui kondisi masalah baterai merupakan hal penting jika teman ingin mempertahankan baterai untuk waktu yang lama. Karena itu, uji voltage pengeluaran baterai secara berjangka untuk memastikan kondisi baterai dan mengetahui lebih awal masalah yang mungkin akan terjadi pada baterai.

Terlalu lama berhenti akan merusak baterai

Baca Juga:  Cara Aman Parkir di Gedung Bertingkat

6. Jangan gunakan fitur elektronik ketika sedang berhenti

Mendengarkan radio atau menghidupkan AC ketika sedang berhenti sepertinya bukan masalah besar bagi mobil. Tapi, hanya sedikit orang yang tahu, bahwa menghidupkan AC dan radio kedia sedang berhenti dalam keadaan hidup bisa mempengaruhi daya tahan baterai. Malahan, berhenti dalam keadaan hidup dalam waktu yang lama juga membuat baterai menjadi cepat rusak.

7. Perhatikan mobil secara keseluruhan

Memperpanjang daya tahan baterai bukan hanya tentang bagaimana teman menjaga baterai, tapi juga menjaga mobil secara keseluruhan. Karena semua komponen mobil bekerja bersama-sama dan kerusakan salah satu komponen akan mempengaruhi komponen lainnya. Karena itu, lakukan perawatan berjangka terhadap mobil dan mobil yang sehat akan menghasilkan baterai yang sehat pula.

Perawatan secara berkala akan membantu daya tahan baterai

Seberapapun teman ingin memperpanjang daya tahan baterai, hal yang tidak bisa dihindari adalah baterai bisa saja mati karena sudah terlalu tua. Menjaga baterai selama 5 tahun merupakan salah satu pencapaian yang bagus dalam mempertahankan baterai. Ganti baterai jika memang sudah tidak mengalami tanda-tanda penuaan agar teman tidak mendapatkan masalah baterai mati tiba-tiba.

Baca Juga:  [INFOGRAFIK] Mengantuk Di Jalan? Berikut Tips Tetap Terjaga Selama Perjalanan Jauh

Untuk memperpanjang daya tahan baterai, perhatikan video yang diupload oleh InfoMay berikut ini untuk keterangan lebih lanjut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *