Bus Baru PO Subur Jaya, Jadi SHD Pertama yang Pakai Sasis Hino RM

tautekno.com/ – PO Subur Jaya baru saja mengambil satu unit bus dari Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur. Bedanya, bus yang diambil kali ini memakai bodi Jetbus 3+ SHD di atas sasis Hino RM.

Disebutkan juga kalau unit ini adalah yang pertama ketika dilakukan kombinasi sasis Hino RM dengan bodi Jetbus SHD. Sebelumnya, PO Subur Jaya juga mengambil satu unit bus di Busworld 2022, memakai sasis Hino RM dan bodi Jetbus MHD.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, bodi Jetbus SHD ketika dipasang dengan sasis Hino RM punya bagasi yang lega.

“Jetbus SHD yang sekarang bagasinya tembus, kalau dulu tembus atasnya saja. Selain itu bagasi SHD juga lebih tinggi dari MHD,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga:  Realisasi Ekspor Mobil CBU Indonesia Tembus Rekor Pra-Pandemi

Secara tampilan, memang bodi SHD milik PO Subur Jaya cukup sederhana, tidak banyak perbedaan dengan SHD lainnya. Sedangkan di bagian kabin, diisi 50 bangku yang disusun dua kanan dan dua kiri.

“Di kabin juga ada dispenser,” ucap Yohan.

Kemudian, disediakan juga dua smart TV berukuran besar di depan dan tengah kabin. Jadi selama perjalanan akan ditemani sistem hiburan yang canggih.

Bicara lagi soal sasis, Hino RM punya tenaga 280 PS. Selain itu, jenis sasis yang digunakan adalah space frame, sehingga bisa dibuat bagasi yang lega.

Kelebihan lain dari Hino RM adalah model suspensi udara yang digunakan adalah tipe wide atau lebar. Oleh karena itu, kaki-kaki tersebut bisa menopang bodi SHD yang tinggi, sekitar 3,85 meter.

Baca Juga:  Mercedes-Benz Rencanakan Produksi Mobil Listrik Dalam Negeri

Nampaknya, kombinasi bodi SHD dengan sasis Hino RM akan semakin sering ditemui di jalanan. Mengingat dengan harga sasis yang cukup ekonomis, ditambah ruang bagasi yang ekstra lega, cocok untuk AKAP maupun pariwisata.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://tautekno.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *