Mobil  

BMW M-Series Terbaru Segera Meluncur di Indonesia Pekan Ini, M5 CS?

tautekno.com – JAKARTA – BMW Indonesia akan segera meluncurkan model baru, yang sudah dipastikan akan hadir pada pekan ini. Model baru ini akan menambah anggota keluarga BMW M, yang berorientasi pada performa tinggi. Isyarat-isyarat yang diberikan sejauh ini mengarah pada model terbuas BMW saat ini, yang berwujud sedan empat pintu.

Undangan peluncuran sudah dikirimkan oleh BMW Indonesia, untuk acara yang akan digelar pada tanggal 17 September 2021, hari Jumat mendatang. Jika melihat timeline peluncuran produk BMW di Indonesia sepanjang 2021 ini, artinya ini akan menjadi kali kedua M-Series. Kalau kita ingat, bulan Juli lalu baru meluncur M3 Competition dan M4 Competition terbaru.

Dalam undangan dipaparkan bahwa produk baru ini adalah “model sedan premium 4-pintu dengan desain yang semakin tegas, mesin V8 terbaru, dan teknologi penggerak xDrive, kendaraan BMW M terbaru ini akan menjadi benchmark baru di segmen sportscar premium empat pintu”. Selain itu, disebutkan juga bahwa model ini akan hadir eksklusif dan dalam jumlah terbatas.

Tebakan pertama kami menuju ke BMW M5 versi facelift, yang tahun lalu debut global. M5 merupakan satu-satunya BMW Seri M berbentuk sedan empat pintu dan bermesin V8, selain M8 Gran Coupe yang telah meluncur tahun lalu. Di Indonesia sendiri M5 pernah meluncur di pertengahan 2020 lalu, sebagai edisi terbatas yaitu M5 Competition Edition 35 Jahre, yang hanya dibawa 1 unit.

Baca Juga:  Konten Kreator Ini Hampir Tertipu saat Hendak Membeli Mobil Bekas

M5 facelift hadir menyusul telah diberikan facelift untuk Seri 5 reguler, baik mendapat penyegaran visual maupun fitur dan teknologi. Soal Seri 5 reguler sendiri, sudah meluncur di Indonesia pada bulan April lalu, terbagi dalam varian 520i M Sport dan 530i Opullence.

Tebakan lebih liar kami tertuju pada M5 CS, model yang diklaim sebagai sedan dengan performa terbuas yang pernah dibuat oleh BMW. Karena BMW dengan yakin menyebut model baru ini sebagai “benchmark baru di segmen sportscar premium empat pintu”. Bicara soal benchmark, sepertinya lebih ideal ditujukan ke M5 CS daripada M5 reguler atau Competition.

M5 CS meluncur perdana pada Januari 2021 lalu, yang juga menjadi varian pertama ditawarkan untuk model M5. Performa buas yang sebelumnya telah ditawarkan melalui M5 dan M5 Competition, kini semakin liar lagi pada varian baru ini.

Menu utama M5 CS datang dari mesin V8 4.4 liter twin-turbo, yang disuntik performa lebih tinggi menjadi 627 hp dan torsi 750 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dilakukannya dalam waktu 2,9 detik, yang mana 0,2 detik lebih singkat dari M5 Competition, dan setara kemampuan supercar. Transmisi otomatis M Steptronic 8-percepatan terintegrasi dengan sistem penggerak xDrive, seperti dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga:  Tambah Varian Baru, Porsche Carrera T Bawa Penyempurnaan Menarik

BMW menegaskan tema performa pada M5 CS dengan membekalinya Active M Differential. Sistem M xDrive sendiri juga bisa dipilih mode operasinya, yaitu 4WD, 4WD Sport dan 2WD bagi yang ingin bersenang-senang membakar ban belakang. Selain lonjakan performa mesin, peningkatan yang diberikan untuk M5 CS juga mengoptimalkan handling semakin mantap.

Di balik body, M5 CS punya engine mounting yang lebih kaku, suspensi lebih keras, anti-roll bar lebih besar dan ground clearance yang sedikit direndahkan dari M5 standar. Tentunya kelincahannya bermanuver tetap diperhatikan demi mengimbangi output mesin yang semakin buas. Belum lagi sistem Dynamic Damper Control untuk maksimalkan tongkrongan baru yang lebih ceper.

Yang menjadi khas dan penanda varian M5 CS adalah aksen warna kuning pada LED DRL yang memberi dampak visual lebih sporty dan atraktif. Sentuhan ini diadopsi dari mobil balap BMW di ajang GT, yaitu M8 GTE. Material CFRP (carbon-fibre reinforced plastic) diumbar untuk hadir pada kap mesin, splitter dan, cover spion luar, spoiler belakang, diffuser, bahkan sampai engine cover dan silencer knalpot. Bobot keseluruhan mobil ini diklaim lebih ringan sampai 104 kg dibandingkan varian M5 Competition.

Baca Juga:  Midnight, Taksi Terbang Elektrik Hasil Kemitraan Stellantis-Archer Aviation Bakal Diproduksi pada 2024

Rival Mercedes-AMG E 63 S ini ditawarkan dalam tiga opsi warna unggulan; Brands Hatch Grey Metallic, Frozen Brands Hatch Grey Metallic, dan Frozen Deep Green Metallic. Harga yang ditawarkan di negara asalnya mulai dari $ 142.000 atau Rp 1,996 miliar lebih. Kira-kira berapa nanti saat diluncurkan di Indonesia dan tersedia berapa banyak?WAHYU HARIANTONO

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *