Beberapa Tips Melindungi Permukaan Cat Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/10/28/pOctdDF4/16235-tips-melindung-ebb5.jpg”>

Oleh karena itu melidungi cat adalah hal yang layak untuk dilakukan. Perlindungan merupakan tindakan preventif sehingga Anda bisa melakukan sedini mungkin. Artinya meski mobil Anda adalah mobil baru, namun melakukan langkah ini sa­ngat baik tanpa menunggu cat menjadi kusam dulu.

Perlindungan yang kami maksud adalah memberi lapisan spesifik pada permukaan cat mobil. Tujuannya tentu agar cat tidak terpapar langsung terhadap apapun objek yang potensial merusak cat.

Berikut adalah beberapa tips melindungi permukaan cat mobil yang Cintamobil.com sampaikan kepada sobat – sobat:

1.Stiker, Film dan Coating

Ada 3 jenis perlindungan terhadap cat mobil

Ada 3 jenis perlindungan terhadap cat mobil, di antaranya stiker, film dan wax/coating. Stiker adalah langkah paling mudah dan murah di antara yang lain.

Menggunakan stiker transparan, warna cat asli akan tetap terlihat namun kotoran atau objek akan sulit menembus permukaan cat. Aplikasinya pun mudah karena banyak workshop/toko yang melayani jasa pemasangan stiker.

Stiker yang tepatnya berjenis cutting dan sticker ini fleksibel untuk dipasang di ragam bagian bodi, mulai dari bumper, spion hingga handle pintu.

Bagian handle pintu sangat rentan tergores oleh kuku. Sementara rumah spion dan bumper merupakan bagian yang paling sering terserempet pengendara lain terutama motor. Saat kami coba, memasang stiker di handle pintu untuk 4 pintu membutuhkan biaya sekitar Rp 120 ribu. Cukup merakyat. Dan harga ini semakin mahal jika bagian yang ingin Anda cover semakin besar.

Baca Juga:  Proses Balik Nama Dan Biaya Pembuatan STNK Baru

Namun stiker bukannya tanpa kekurangan. Dibanding metode lain, stiker jika diperhatikan secara detail terlihat kurang rapi. Keberadaan stiker pun membuat kilau cat tidak lebih baik dari metode lainnya.

2. Coating/waxing

Waxing/ coating adalah salah satu tahapan dalam perawatan bodi mobil

Waxing dan coating sejatinya adalah salah satu tahapan yang dilakukan dalam melakukan perawatan bodi mobil. Keduanya punya prinsip kerja yang mirip yakni memberi lapisan pada permukaan cat. Lapisan itu sendiri berasal dari bahan kimia/obat dan banyak dijual di pasaran.

Meskipun mirip, namun beberapa ahli perawatan mobil menyebutkan perbedaan waxing dengan coating adalah lapisan coating yang lebih tebal dibanding waxing. Semakin tebal, tentu semakin baik karena proteksi terhadap objek kerikil, debu atau benda tajam seperti kuku juga semakin baik. Hanya saja, coating cenderung lebih mahal dari waxing.

Enaknya wax sangat mudah didapat di pasaran. Di toko aksesori, onderdil atau perawatan bodi, wax adalah produk yang banyak ragamnya. Rentang harganya, mulai dari Rp 50 ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Beberapa produk pun bisa diaplikasi sendiri meski untuk hasil terbaik tetap dengan menyerahkannya ke orang profesional.

Baca Juga:  Cari Mobil Sedan? Simak Tips Lengkap Membeli Honda City Bekas

Waxing bahkan ada produk wax instan yang cara kerjanya lebih mudah lagi. Misalnya model semprot (spray) yang bisa dilakukan setiap habis mencuci mobil.

Sedangkan coating, prosesnya lebih lama dan produk-produknya lebih sedikit di pasaran jika dibanding wax. Pun dengan aplikasi yang menuntut keahlian profesional karena butuh tindakan yang lebih spesifik. Misalnya, setelah proses coating selesai maka mobil harus didiamkan setengah hari agar lapisannya ‘matang’ sempurna. Didiamkan maksudnya dihindari dari sentuhan tangan dan terkena air. Tak heran biaya coating lebih mahal hingga mencapai jutaan rupiah untuk setiap mobil.

3. Film

Ini merupakan metode yang terhitung baru

Ini merupakan metode yang terhitung baru. Menggunakan lapisan film yang sangat tipis, salah satu produk yang mengusung metode film adalah V-kool Paint Protection Film. Namun berbeda dengan stiker, lembaran film setebal 0,5 mm seolah menyatu dengan cat mobil dan kilau yang dihasilkan pun sangat baik. Cat tak hanya terlindungi, namun juga mengkilap terus seperti baru.

Baca Juga:  5 Mobil MPV Di Bawah 300 Juta Rupiah Terlaris

V-kool Paint Protection Film juga seperti stiker yang penggunaan minimal ada pada bagian-bagian yang rentan sentuhan seperti rumah spion, bumper atau di sekitar fender. Harga untuk pelapisan item-item itu adalah Rp 3,5 juta untuk mobil kecil dan sedang. Lalu Rp 4 juta untuk mobil besar. Mobil kecil misalnya Toyota Yaris dan besar misalnya Nissan Elgrand.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *