Beberapa Penyebab Lampu Indikator Kantong Udara Menyala

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/12/XlYbOKmo/c-3-b547.jpg”>

Lampu peringatan kantong udara yang menyala bisa berarti banyak hal. Tapi yang paling penting, ketika lampu indikator tersebut menyala, bukan berarti kantng udara mobil teman bisa membuka. Tapi, Cintamobil akan memberikan beberapa alasan lampu kantung udara yang juga disebut lampu SRS bisa menyala.

Masalah lampu kantong udara menyala jarang terjadi

Lampu SRS merupakan akronim dari Supplemental Restraint System (atau disebut juga sistem pelengkap tambahan) yang pada beberapa mobil menandakan sistem kantong udara. Sesuai namanya, sistem ini merupakan bagian dari sistem keselamatan kantung udara. Selain itu, sistem ini juga mencakup sistem sabut pengaman dan sistem keselamatan tambahan pada mobil.

Jika lampu indikator tersebut menyala, saudah pasti ada beberapa hal yang salah pada komponen di dalam mobil. Hal ini bisa menunjuk pada sistem sabuk pengaman, kantung udara, computer, maupun sistem keamanan terkait.

Alasan umum lampu indikator menyala adalah karena ada sesuatu yang mengganggu saklar pada sabuk pengaman. Saklar tersebut merupakan sensor yang mendeteksi apakah sabuk diikat dengan benar. Sensor tersebut dapat memicu lampu peringatan palsu yang terkait dengan kantung udara. Seperti yang dikatakan oleh Robert Foster, pemilik dari Foster’s Master Tech di Bozeman, Montana, seperti yang dilansir dari Angies List, Selasa (12/5/2017).

Baca Juga:  Biar Tampilan Pelek Makin Keren, Yuk Pilih Lug Nut Mobil Aftermarket yang Pas

Lampu kantong udara berkaitan erat dengan sistem keamanan mobil

Foster menambahkan, “Seringkali, jika lampu indikator kantung udara menyala, kita bisa menemukan benda-benda pada sabuk pengaman, seperti nikel maupun benda lain yang menggangu sensor pada sabuk pengaman. Jadi, hal pertama yang dilakukan jika lampu indikator kantung udara menyala adalah memeriksa dan memastikan bahwa tidak ada benda yang mengganggu saklar tersebut.”

Masalah potensial lain yang terkait langsung pada kantung udara adalah masalah pada kabel clock spring. Clock spring merupakan alat rotasi putar yang terdapat tepat di belakang stir, yang berguna untuk klakson/ airbag/ remote audio. Jika clock spring tidak bekerja, maka kantong udara tidak bisa terbuka.

Lampu kantong udara juga terpengaruh oleh clock spring

Alasan lain tetapi kurang umum adalah ketika mobil mengalami kecelakaan yang bisa memicu sensor tabrakan mobil tetapi mungkin tidak mengarah pada kantong udara sehingga kantong udara tidak terbuka. Jika hal ini terjadi, kantong udara harus di atur ulang hingga dengan benar.

Baca Juga:  Peraturan Aneh Bagi Pengendara Mobil di Seluruh Dunia

Jadi, apa yang harus kita lakukan jika lampu indikator kantong udara menyala? Hal yang pertama yaitu membawa kendaraan pada bengkel atau montir sehingga mereka bisa mendiagnosis kesalahan yang terjadi. Biasanya ada kode computer yang rusak maupun tidak berfungsi.

Dana Meyer, pemilik Dana Meyer Auto Care di Albany, California, menyatakan bahwa kode komputer tersbeut berkaitan dengan sistem pengamanan. “Untuk mobil yang lebih tua, mungkin itu kode yang lebih umum. Beberapa mobil baru memiliki 500 kode, 30 untuk radio saja. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk memeriksa kode, meneliti dan memverifikasi bahwa [kesalahan] yang ditemukan benar.”

Ingin tahu cara memperbaiki lampu kantong mobilnya, video berikut ini akan berguna

Baca Juga:  Awas, Ada Bahaya Mengemudi Setelah Makan Besar

Karena sistem lampu indkator kantong udara tidak bisa diperiksa hanya dengan mata telanjang, maka sebaiknya pengguna mobil memberikan tugas tersebut pada bengkel. Semakin cepat mobil diperiksa, semakin sedikit persentase kerugian yang mungkin dialami oleh pemilik mobil.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *