Bagaimana Suhu Mobil Naik di Bawah Sinar Matahari Berdasarkan Suhu Lingkungan

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/04/03/Ay6TmsFs/a2-501f.jpg”>

Pada banyak kesempatan, suhu luar mempengaruhi temperatur di dalam mobil. Bahkan ketika musim panas, bagian interior mobil bisa mencapai suhu yang lebih panas dibandingkan suhu luar. Mengetahui bagaimana suhu mobil naik di bawah sinar matahari bisa membuat Anda mencegah keadaan tidak nyaman ketika suhu dalam mobil terasa seperti sauna.

Keadaan akan memburuk ketika Anda lupa dan meninggalkan anak-anak atau hewan peliharaan di dalam mobil. Mungkin terkesan sepele, tapi setiap tahun di seluruh dunia, orang-orang meninggalkan anak-anak dan hewan peliharaan mati atau menderita kerusakan otak karena terkurung di dalam mobil saat musim panas.

Anak-anak dan hewan sering menjadi korban panasnya mobil di musim panas

Dalam beberapa penelitian, suhu pada bagian interior mobil atau kabin truk di musim panas bisa mencapai 30 derajat Celcius lebih panas dibandingkan suhu luar. Ketika suhu lingkungan 35 derajat Celcius, suhu di bagian dalam bisa saja mencapai 65 derajat.

Baca Juga:  Jangan Salah, Ini Dia 5 Tips Memilih Speaker Aktif Mobil Terbaik

Bahkan, kemudi dan bagian dasbor yang kebanyakan berwarna hitam akan menyerap lebih banyak panas membuat 20 derajat lebih panas dari suhu interior, menjadi 85 derajat Celcius. Suhu yang cukup untuk membakar kulit pengemudi.

Menghancurkan enzim dan merusak daging

Kecepatan suhu di dalam mobil meningkat selama cuaca panas cukup mengkhawatirkan. Jika mobil berada di luar dengan suhu 28C yang tenang, dalam 10 menit suhu mobil akan menjadi 42C. Jika Anda meninggalkan mobil selama 30 menit, suhu mobil akan meningkat menjadi 58C.

Suhu mobil bisa meningkat dalam beberapa menit

Jika Anda meningkatkan anak-anak atau hewan peliharaan Anda dalam suhu 58C, secara bertahap akan meningkatkan suhu inti karena manusia dan hewan dapat kehilangan panas dengan cukup cepat. Apalagi jika anjing atau kucing yang tidak bisa berkeringat sehingga membuat mereka susah mengeluarkan panas. Setelah suhu tubuh mencapai 41.5C, sel-sel akan mulai rusak karena enzim dihancurkan.

Baca Juga:  Jangan Main Langsung Bayar, Ikuti Dulu Tips Beli Mobil Lelang Subaru Ini

Seberapa tinggi suhu di dalam mobil

Tentu saja hal ini akan bervariasi tergantung pada jenis mobil, dimana mobil diparkir, temperatur luar, dan lain sebagainya. Namun, beberapa penelitian menemukan peningkatan suhu rata-rata dan hasilnya akan mencengangkan Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh Jan Null dari Departement Ilmu Geologi, Universitas San Francisco State menunjukan bagaimana perubahan suhu interior mobil tergantung suhu di lingkungan mobil. Penelitian menggunakan suhu Fahrenheit. Untuk mendapatkan suhu Celcius, Anda tinggal mengurangi suhu Fahrenheit dengan 32. (32 Fahrenheit = 0 Celcius)

Peningkatan suhu berdasarkan waktu dan suhu lingkungan

Karena perkiraan di atas merupakan penelitian atas rata-rata kenaikan suhu pada mobil, mobil Anda bisa menjadi lebih panas dibandingkan mobil lain. Warna cat, warna pelapis interior, kaca film pada jendela, arah tempat parkir, dan kota Anda mempengaruhi bagaimana suhu mobil naik di bawah sinar matahari.

Baca Juga:  Mengungkap Fitur Toyota Corolla Altis HEV, Sedan Ramah Lingkungan Toyota

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *