Bagaimana Cara yang Mudah Untuk Mengetahui Letak Tutup Tangki Mobil?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/26/XlYbOKmo/b-1-6d38.jpg”>

Sebelum masuk ke dalam stasiun pengisian bahan bakar, biasanya anda akan melihat ke bagian samping mobil untuk memperhatikan dimana posisi tutup tangki mobil berada. Tapi, ketika anda merasa telah menemukannya, tapi ternyata dugaan anda salah. Maka, anda akan sama seperti orang yang ada di gambar di bawah ini.

Kejadian memalukan salah menentukan tangki bahan bakar

1. Cara mudah mengetahui letak tutup tangki mobil

Untuk mempermudah anda mengetahui letak tutup tangki mobil, ada satu jalan pintas yang bisa anda terapkan. Daripada menjulurkan leher melihat ke samping mobil, anda bisa langsung melihat pada dashboard mobil anda. Perhatikan bagian pengukur bahan bakar. Banyak mobil baru menampilkan indikator panah yang mengarah ke kiri atau ke kanan. Apa guna panah ini?Jika anda pernah memperhatikan, panah ini merupakan petunjuk dari produsen mobil agar kejadian seperti gambar di atas tidak terulang lagi. Tanda panah tersebut menunjukan dengan pasti dimana letak tutup tangki mobil anda.

Baca Juga:  Mengapa Harga Mobil Berbeda-Beda Di Setiap Daerah? Ini Jawabannya

Perhatikan tanda panah pada pengukur bahan bakar di dashboard

2. Kenapa tutup tangki mobil mempunyai perbedaan?

Hal ini tentu membuat anda bertanya-tanya. Kenapa produsen mobil tidak menyamakan letak tutup tangki mobil agar tidak membingungkan pengemudi yang ingin mengisi minyak? Ada hal menarik yang membuat perbedaan ini terjadi. Di negara-negara di mana setir kemudi terletak di sisi kiri mobil, misalnya di Amerika dan Kanada, mobil tersebut memiliki tutup tangki minyak yang berada di sisi kiri mobil.

Saat tangki berada di sisi pengemudi mobil, akan memudahkan pengemudi untuk menariknya dari dekat pompa bahan bakar. Dan anda tidak perlu memutar dan melangkah jauh untuk mengisi bahan bakar. Seperti yang anda ketahui, di Amerika maupun beberapa negara luar, pengemudi mengisi sendiri bahan bakar mobil mereka.

Tutup tangki pada mobil Amerika biasanya berada pada sebelah kiri

Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan negara-negara yang menganut sistem lalu lintas sebelah kiri. Negara-negara seperti Jepang, Inggris, India, Australia, Selandia Baru dan Hong Kong memiliki setir yang berada di sebelah kanan. Jadi negara ini memiliki preferensi minoritas. Namun, banyak pembuat mobil terus memproduksi beberapa kendaraan dengan tutup bensin di sebelah kiri dan lainnya dengan tutup di sebelah kanan, terlepas dimana kemudi berada.

Baca Juga:  Cara Ampuh Berurusan dengan Pengendara Motor di Jalanan

3. Mengapa tutup mobil tidak terstandarisasi?

Tidak ada peraturan pemerintah, meskipun itu pemerintah AS yang membahas dimana posisi tutup bahan bakar harus diletakkan. Tanpa adanya aturan yang mengikat, produsen memiliki kebebasan untul membakukan lokasi tutup bensin. Karena itu. Tutup bensin bisa berada disalah satu dari dua sisi kendaraan.

Banyak mobil yang memiliki perbedaan letak tutup tangki

Selain itu, dalam mengetahui letak tutup tangki mobil, posisi tutup bahan bakar tidak ditempatkan secara acak. Para teknisi perlu menempatkan sebuah mekanisme untuk memilih dimana posisi tangki bahan bakar akan diletakkan. Posisi tutup bahan bakar juga bukan merupakan prioritas untuk fitur lain yang ada di mobil, jadi biasanya tangki mobil menyesuaikan dengan komposisi komponen yang ada di dalam mobil.

Baca Juga:  10 Kelebihan Ini Membuat Anda Tertarik Dengan Kia Picanto 2017

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *