Bagaimana Cara Memperbaiki Foglamp yang Rusak dengan Mudah?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/06/27/Ay6TmsFs/a1-4c77.png”>

Foglamp adalah lampu pada kendaraan yang khususnya berfungsi untuk membantu pengemudi berkendara ketika kabut atau hujan. Sebagaimana halnya komponen kelistrikan lainnya, foglamp juga tak luput dari kerusakan, entah faktor internal atau eksternal. Karena itu, Cintamobil memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki foglamp yang rusak, diantaranya,

1. Lakukan pengecekan secara visual

Hidupkan foglamp seperti biasanya. Amati apakah nyala lampu hanya mati sebelah atau kedua sisi. Jika mati sebelah, langsung periksa lampu yang mati dengan cara membukanya dari belakang. Jika foglamp mati keduanya, pastikan terlebih dahulu apakah indikator foglamp menyala di dasbor.

Pertama-tama, cek foglamp mobil secara visual terlebih dahulu

Jika indikator menyala, maka Anda bisa melanjutkan pemeriksaan fisik kedua lampu foglamp Anda. Akan tetapi, jika indikator foglamp tidak menyala, periksa switch atau wiring dari baterai. Untuk kasus foglamp yang gosong atau reflektor yang meleleh, bisa jadi karena penggunaan yang kurang tepat, seperti menyalakan foglamp sebagai penganti lampu utama.

Baca Juga:  Pencurian Semakin Marak, Ford Luncurkan Teknologi Keyless Anti Pencurian

2. Periksa wiring atau kabel

Mengecek wiring foglamp bisa dimulai dari kotak sekering atau fuse box, kemudian Anda bisa cari relay foglampnya. Kemudian, cabut relay dan jumper terminal 30 dan 87. Seharusnya, ketika dijumper menggunakan kabel, maka lampu foglamp menyala, kecuali jika sudah dipastikan kalau lampu foglamp benar-benar putus.

Perhatikan bagian kabel foglamp untuk mendeteksi adanya masalah

Selanjutnya, lakukan pengecekan tegangan di socket lampu foglamp menggunakan testlamp apakah tegangan sampai ke foglamp. Jika arus sampai, maka bisa dipastikan perkabelan atau wiring dari relay normal. Jika hasilnya sebaliknya, lakukan pengecekan kembali kabel yang menghubungkan relay ke masing-masing lampu.

3. Cek switch

Periksa apakah bagian switch terbakar atau meleleh

Untuk mengecek switch sangat mudah. Siapkan testlamp dan colokkan ke terminal 85 dan 86 di socket relay foglamp, tapi hidupkan lampu foglamp. Jika testlamp menyala, maka bisa dipastikan switch bekerja dengan baik. Akan tetapi jika testlamp tidak menyala, maka harus dicek apakah switch terbakar maupun meleleh.

Baca Juga:  Hati-hati, Blind Spot Adalah Penyumbang Kecelakaan di Jalan Raya!

4. Periksa relay

Periksa semua relay pada kotak sekering foglamp

Jika terminal 30 dan 87 ternyata normal, maka lampu foglamp menyala. Dan pada saat memeriksa arus 85 dan 86 testlamp menyala, kemungkinan bagian relay bermasalah. Periksa semua relay yang terdapat dalam kotak sekering untuk memeriksa apakah relay benar-benar mati.

5. Periksa fuse

Fuse atau sekering yang putus menandakan bahwa terjadi hubungan arus pendek atau short. Jika sekering sudah diganti menggunakan fuse yang spesifikasinya sesuai standar tapi sering putus, coba periksa perkabelan yang mengarah ke beban; apakah terdapat short atau tidak.

Jika masih belum menemukan masalah, periksa bagian fuse foglamp

Kemudian, jika foglamp masih sering putus, bisa jadi lampu foglamp Anda telah diganti menggunakan lampu yang dayanya melebihi spesifikasi kendaraan, sehingga beban berlebih dan menyebabkan sekering sering putus. Bahkan, bohlam memiliki daya besar yang cenderung memiliki suhu panas, sehingga menyebabkan reflektor meleleh.

Baca Juga:  Sebelum Memutuskan Untuk Modifikasi Mesin, Pertimbangkan 5 Hal ini

Menjaga foglamp pada mobil sama dengan menjaga bagian komponen mobil lainnya. Karena itu, untuk memperbaiki foglamp yang rusak bisa dilakukan dengan melihat sistem kelistrikan mobil khusus bagian lampu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *