Bagaimana Cara Melihat Umur Ban?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/16/XlYbOKmo/c-1997.jpg”>

Untuk mengidentifikasi sebuah ban, sangat mudah jika kita membaca Nomor Identifikasi Ban (Tire Identification Number) yang seringkali disebut sebagai serial number untuk ban. Tidak seperti Nomor Identifikasi Kendaraan (Vehicle Identification Number/ VIN), dan nomor seri yang digunakan untuk komponen mobil yang lain, Nomor Identifikasi Ban hanya menunjukan minggu dan tahun ketika ban tersebut dibuat.

Sangat mudah jika kita membaca Nomor Identifikasi Ban

Departemen Transportasi Amerika (U.S. Department of transportation DOT) bagian Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mewajibkan Nomor Identifikasi Ban menjadi beberapa huruf DOT, diikuti dengan delapan sampai 14 hufur dan angka yang mengidentifikasikan lokasi pembuatan, ukuran ban, dan kode pabrikan, bersamaan dengan minggu dan tahun ban diproduksi.

Akan tetapi, ada sedikit perbedaan untuk ban yang diproduksi sebelum tahun 2000 dengan ban yang diproduksi setelah tahun 2000. Berikut tim CintaMobil akan memberikan perbedaan ban mobil keluaran sebelum tahun 2000 dan setelah tahun 2000.

1. Ban yang diproduksi sebelum tahun 2000

Nomor Identifkasi Ban yang diproduksi sebelum tahun 2000 didasarkan pada asumsi bahwa ban tidak akan beroperasi selama sepuluh tahun. Ban-ban tersebut mempunyai informasi yang sama dengan ban yang diproduksi sekarang, nomor minggu dan tahun pembuatan menggunakan tiga angka terakhir. Dua angka terakhir mengindentifikasi minggu pembuatan dan angka terakhir digunakan untuk tahun.

Baca Juga:  Tips dalam Memilih dan Melihat Spesifikasi Ban

Contoh ban yang diproduksi sebelum tahun 2000

Dari contoh di atas, kita bisa lihat nomor seri ban tersebut:

DOT EJ8J DFM 408

40 dibuat pada minggu ke 40

8 dibuat pada tahun ke 8 dalam 1 dekade

Ketika format Nomor Identifikasi Ban mengatakan dibuat pada tahun ke-8 dalam 1 dekade, tidak ada penanda umum yang menentukan dekade mana ban tersebut dibuat. Ban yang diproduksi pada tahun 1990an mungkin memiliki segitiga kecil mengikuti Nomor Identifikasi Ban untuk dekade ini.

2. Ban yang diproduksi setelah tahun 2000

Sejak tahun 2000, minggu dan tahun ban diproduksi telah menggunakan empat digit terakhir dari Nomor Identifikasi Band dengan 2 digit digunakan untuk mengindentifikasi minggu pembuatan dan 2 digit digunakan untuk tahun pembuatan.

Baca Juga:  Banyak Yang Belum Tahu, Kenali Serba-Serbi Pasang Kaca Film

Contoh ban yang diproduksi setelah tahun 2000

Pada contoh di atas, nomor yang tertera adalah

DOT U2LL LMLR 5170

51 berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke 51

07 berarti ban tersebut diproduksi pada tahun 2007

Sementara ubu, seluruh Nomor Identifikasi Ban diharuskan dicap pada satu sisi di setiap ban, peraturan DOT yang baru menggharuskan DOT dan digit pertama dari Nomor Identifikasi Ban harus dicap pada sisi yang berlawanan. Oleh karena itu, bisa jadi anda akan menemukan nomor identifikasi yang tidak lengkap pada satu sisi ban.

Pengguanaan Nomor Identifikasi Band pada satu dinding mengurangi resiko cedera pada teknisi cetakan yang harus memasang kode tanggal mingguan di bagian cetakan ban yang panas.

Jadi, pembelian ban tergantung pada tanggal pembelian anda. Sebagian produsen ban memberikan garansi empat tahun sejan tanggal pemblian atau lima tahun sejak ban diproduksi. Jika anda membeli ban baru yang telah diproduksi dua tahun yang lalu, produsen akan memberikan enam tahun (empat tahun semenjak tanggal pembelian) selama anda memiliki tanda terima. Jika tidak, garansi anda hanya akan mencakup lima tahun dari ban diproduksi.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Membuka Mobil yang Terkunci Otomatis

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *