Arus Mudik Padat, Ketahui Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/06/01/XlYbOKmo/a2-9b83-a565.jpg”>

Memang tidak ada salahnya berkendara dijalan tol ketika musim mudik. Meskipun disebut bebas hambatan dan bisa menghemat waktu perjalanan, akan banyak sekali pengguna jalan tol yang juga ingin mudik ke kampung halaman hingga akhirnya menyebabkan kendaraan yang semakin padat. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berkendara di jalan tol berikut ini:

1. Atur kecepatan sesuai dengan rambu lalu lintas

Selalu patuhi batas kecepatan di jalan tol

Sering sekali kita melihat beberapa pengendara masih melampaui batas maksimal yang diterapkan pada jalan tol. Mematuhi rambu batas kecepatan akan banyak membantu Anda dapat mengarahkan kemudi mobil, apalagi ketika mulai terjadi macet. Tapi, pastkan untuk selalu berkendara dengan teratur dan tertib tanpa menyalip kendaraan secara ugal-ugalan.

2. Jangan sembarangan pindah jalur

Jangan sembarangan pindah jalur di jalan tol

Inilah yang banyak menjadi penyebab kecelakaan pada jalan tol. Tidak hanya merugikan diri sendiri, Anda juga akan merugikan orang lain. Apalagi, jika Anda sembarangan pindah jalur ditengah kemacetan jalan tol. Jika memang diharuskan untuk pindah jalur, pastikan jarak dengan kendaraan lain aman dan tidak merugikan pengendara lain.

Baca Juga:  Cintamobil TV: 10 Mobil Bekas Rp150 Jutaan – Rp200 Jutaan di Cintamobil.com

3. Hidupkan lampu kendaraan ketika hujan atau mendung

Selalu hidupkan lampu ketika berkendara saat hujan

Menghidupkan lampu kendaraan bertujuan agar pengendara lain mengetahui keberadaan kendaraan Anda. Pada kondisi hujan dan mendung, penglihatan menjadi sangat terbatas. Ini juga dapat mengurangi resiko kecelakaan pada kondisi jalan tol yang padat dan macet.

4. Jangan buang barang apapun ke jalan

Membuang sampah di jalan bisa membuat jalanan menjadi kotor

Selain akan mengganggu kenyamanan hal ini juga bisa berdampak pada resiko kecelakaan. Apabila memang ada yang perlu dibuang atau disingkirkan, pastikan untuk menunggu mobil berhenti atau sampai Anda menemukan tempat sampah terdekat.

5. Jangan menyalip dari bahu jalan

Berhenti dan menyelip dari bahu jalan melanggar PP Nomor 14 Tahun 2005

Baca Juga:  Aplikasi Strut Bar dan Stabilizer Bar Untuk Minimalisir Limbung

Menyalip atau mendahului kendaraan lain dari bahu jalan tentu merupakan perilaku mengemudi yang salah. Selain merugikan diri sendiri, pastinya Anda sangat merugikan pengendara lain yang berada di jalan. Sesuai dengan PP Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol, khususnya pasal 41 yang menjelaskan bahwa penggunaan bahu jalan hanya untuk keadaan darurat serta diperuntukan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

6. Jangan gunakan handphone

Menelpon ketika mengemudi akan mengurangi fokus

Jangan mengoperasikan handphone saat Anda mengemudi. Menerima telepon, menulis sms jelas mengganggu konsentrasi. Bahkan, meskipun Anda menelepon dengan perangkat handsfree, percakapan telepon jelas akan mengurangi konsentrasi berkendara dan perhatian Anda terhadap lingkungan sekitar. Jika telepon atau pesan SMS yang masuk Anda rasa sangat penting, sebaiknya Anda menepi di tempat yang aman.

Pastikan untuk selalu berkendara dengan tertib dan aman, bahkan ketika jalan tol dalam keadaan sepi. Selalu perhatikan untuk tidak ugal-ugalan serta berkendara dengan tergesa-gesa. Berkendara di jalan tol sebenarnya sama dengan jalan perkotaan; berkendara secara defensif bisa memberikan perjalanan yang aman dan tenang bagi perjalanan mudik Anda.

Baca Juga:  Fitur Wajib di Mobil, Kenali Sejarah Klakson

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *