Apa yang Harus Diperhatikan ketika Memasang Dash Cam Mobil?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/25/XlYbOKmo/a-7540.jpg”>

Menggunakan dash cam juga terbilang cukup mudah, kita tinggal meletakkan kamera tersebut di bagian yang dinginkan, serta mengatur setting awal untuk mengaktifkan dash cam. Tetapi, posisi dan arah dash cam mobil juga sangat penting untuk diperhatikan. Ada beberapa hal yang harus teman ketahui sebelum meletakkan dash cam.

Berikut tips dalam memposisikan dash cam mobil sebagaimana telah dirangkum tim Cintamobil sebagai berikut:

1. Letakkan kamera menghadap ke depan, dimana kamera bisa mendapatkan gambaran yang jelas keadaan di bagian depan mobil.

2. Sebagian dash cam mobil juga mempunyai kamera yang bisa melihat ke bagian belakang mobil. Jika harus diletakkan di tempat yang sama, carilah celah di jok mobil yang membuat dash cam bisa dengan jelas mengambil footage belakang mobil.

Jangan biarkan dash cam menghalangi pandangan kita

3. Sebaiknya dash cam tidak boleh diletakkan di atas lingkar kemudi. Hal ini tentu akan menggangu pandangan kita dan menghalangi tangan kita di atas kemudi.

Baca Juga:  Ini Cara Aman Untuk Mengatasi Silau Artifisial

4. Beberapa orang meletakkan dash cam dibagian belakang spion. Dengan ini, dash cam tidak akan mengganggu teman dalam mengemudi, serta membuat dash cam memiliki gambaran yang jelas ke depan.

5. Kualitas gambar akan lebih baik dan jelas jika diletakkan di bagian tengah kendaraan. Dengan ini, kamera bisa mengambil gambar semua bagian depan mobil, bikan hanya satu sisi saja.

6. Dash cam mobil tidak boleh menghalangi pandangan kita terhadap jalan di depan. Menggunakan dash cam seharusnya bisa membantu kita untuk melihat keadaan di depan, bukan malah menghalangi.

7. Hindari memposisikan arah kamera ke atas sehingga sebagian besar menghadap langit. Pemposisian ini membuat kamera mengarah lebih banyak ke sinar matahari dan membuat gambar menjadi silau. Posisikan arah kamera lebih banyak ke dashboard dan bagian kap depan mobil.

Baca Juga:  Tips Modifikasi City Car Buat Harian yang Murah Tapi Bisa Tampil Kece

Hindari dash cam terkena cuaca panas

8. Jika anda meletakkan dash dam pada kaca depan, lebih baik keluarkan kamera ketika cuaca sangat panas. Hal ini untuk mencegah kamera menjadi panas dan kemungkinan lensa kamera terbakar menjadi lebih tinggi.

9. Selain itu, jangan meletakkan pelindung/reflektor matahari di bagian belakang kamera. Panas yang dihasilkan oleh matahari akan medipantulkan oleh reflektor dan “menggoreng” kamera anda. Kamera anda akan terbakar dan menghilangkan garansi kamera anda.

10. Sinyal kamera bisa mengakibatkan gangguan sinyal radio pada beberapa mobil lama ketika sinyal lemah. Untuk itu, atur ulang kabel dash cam sehingga bisa menjauhi radio.

Tidak ada salahnya jika mempercayakan pada teknisi untuk memasangkan dash cam pada mobil teman. Tetapi, jika teman ingin memasangkannya sendiri, lebih baik perhatikan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam tips di atas.

Baca Juga:  5 Aksesori Untuk Mitsubishi Xpander Membuat Tampilan Lebih Elegan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *