Apa yang harus dilakukan ketika terjadinya tabrakan?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/10/31/pOctdDF4/tabrakan-beruntun-il-51a8.jpg”>

Apa yang harus dilakukan ketika terjadinya tabrakan?

Sesaat setelah benturan terjadi, pengemudi hilang akal dan bingung. Getaran dan sentakan yang terjadi membuat pengemudi sulit menilai situasi di sekitarnya. Tunggu sampai tenang, baru memulai menilai apa yang terjadi.

Bila melihat asap di kabin, jangan panik, kemungkinan sebabnya dari kantong udara. Buka sabuk pengaman. Coba melihat apakah pintu di samping bisa dibuka, bila tidak bisa dibuka, coba buka pintu lainnya untuk keluar. Perhatikan pula apakah ada pecahan kaca atau besi yang mencuat yang bisa membuat Anda luka ketika anda berusaha keluar. Setelah keluar, Anda harus ke tempat aman. Lalu telepon polisi atau rumah sakit untuk meminta pertolongan.

Baca Juga:  3 Tipe Penanganan Mesin ketika Mobil Terendam Banjir

Tahan emosi dan jangan memperuncing suasana ketika terjadinya kecelakaan

Ingatlah bila kecelakaan ini bukan karena kesalahan anda, tahan emosi dan jangan memperuncing suasana. Anda berdua dalam situasi yang sama.

Ketika memeriksa mobil lain dalam kecelakaan itu, jika Anda memiliki kemampuan untuk menangani keadaan darurat, anda bisa menolong mereka. Jika mereka terjepit, upayakan untuk membantu keluar, jika tidak bisa, tunggu petugas yang kompeten untuk melakukan hal itu. Sembari menunggu, anda bisa membantu menenangkan hatinya.

Jika ada salah satu korban terlempar keluar mobil, jangan dipindahkan, kecuali dalam situasi yang mendesak. Kalau Anda terpaksa harus menyeretnya, upayakan dia jangan sampai bergerak, terutama setelah anda memastikan lehernya aman. Mereka yang terlempar itu biasanya mengalami cidera kepala atau leher. Cidera semacam ini sangat rentan. Gerakan salah sedikit saja bisa fatal.

Baca Juga:  Tidak Selalu Boros, Simak Tips Mudik Hemat Dengan Mobil Pribadi

Membantu korban

Setelah membantu korban lain, jika memungkinkan dan aman, carilah SIM, STNK dan dokumen lain yang tersimpan di dalam mobil. Kebanyakan dari kita menyimpannya di mobil dan bukan di dompet.

Jangan membersihkan puing-puing kecelakaan, biarkan menunggu sampai petugas datang.

Semoga Anda bisa tenang dalam semua situasi untuk bisa menangani hal – hal yang terjadi dengan sebaiknya. Akan tetapi Cintamobil berharap Anda selalu melakukan perjalanan dengan aman.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Inilah Kelebihan Mobil Sport Toyota 86 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *