Apa yang Harus diketahui tentang Suhu Mesin Mobil?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/11/XlYbOKmo/b-1-ebde.jpg”>

Perhatikan suhu mesin mobil ketika sedang berkendara

Sebelum mempelajari lebih tentang mesin mobil, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang mesin. Diciptakan pertama kali pada tahun 1878, mesin mobil pada masa itu merupakan mesin yang bertugas untuk menggerakkan automobile yang kebanyakan bertanaga uap dan mempunyai desain yang besar. Di zaman modern ini, mesin mobil lebih efisien, kecil, dan lebih penting, lebih tahan lama dibandingkan mesin mobil terdahulu.

Jika mesin mobil sekarang sudah lebih tahan lama dibandingkan mesin terdahulu, kenapa masih ada mobil yang overheat atau menjadi sangat panas? Sama dengan manusia yang dipacu terus menerus, mobil juga bisa mengalami masalah jika dibiarkan hidup terus menerus. Selain itu, ada banyak kerusakan dalam mobil yang bisa memicu suhu mesin mobil menjadi naik.

Ingin Tahu Jelas Cara Kerja Mesin Mobil, klik video berikut ini

Baca Juga:  Mau Bisnis Travel, Isuzu Traga Bus Boleh Anda Pertimbangkan

Sebelumnya, kita harus mengetahui tentang suhu mesin mobil. Biasanya, mesin mobil memiliki suhu yang berkisar antara 195 sampai dengan 220 derajat Fahrenheit (atau sama dengan 90.5 sampai 104.4 derajat Celcius).

Suhu mesin mobil biasanya ditunjukan dengan pengukur suhu di dashboard

Akan tetapi, pengukur suhu di dashboard tidak menunjukkan suhu yang tepat. Biasanya, pengukur suhu di dashboard hanya mengukur keadaan mesin yang dingin dan panas dengan rentang jarum normal di tengahnya. Kebanyakan kendaraan membutuhkan wak tu satu sampai dua menit ketika mobil mulai dihidupkan dari keadaan dingin untuk mencapai suhu operasi mesin.

Tetapi, di beberapa keadaan, jarum pengukur suhu mesin mobil tidak tepat di tengah. Jangan khawatir, karena masing-masing mobil memiliki pengukur suhu mesin tersendiri. Yang harus teman perhatikan adalah dimana biasanya arah jarum penunjuk suhu mesin biasanya untuk keadaan mesin normal. Jadi, jika jarum tersebut mulai naik dari suhu “normal” di penunjuk suhu, maka ada yang harus diperhatikan dari mobil teman.

Baca Juga:  Seberapa Penting Fitur Kamera 360 Derajat Pada Mobil?

Perhatikan penunjuk untuk suhu normal mesin

Ada beberapa hal uang menyebabkan mobil menjadi panas. Beberapa diantaranya yaitu:

Adanya kerusakan pada anti-freeze atau pendingin mesin yang mengalami kebocoran

Thermostat yang bermasalah

Oli mesin sudah buruk dan harus diganti

Radiator yang buruk

Untuk menghindari terjadinya overheat dan mesin menjadi sangat panas ketika sedang berkendara, usahakan untuk:

Selalu melakukan perawatan terhadap mesin mobil secara berjangka

Perhatikan sistem pendingin dan radiator mobil sebelum berkendara

Jika lampu tanda mesin mobil berkedip, segeralah menepi dan matikan mesin mobil

Jika lampu peringatan suhu berwarna merah atau kuning menyala, segera menepi, matikan msin dan jika teman mempunyai sedikit pengetahuan, lihatlah bagian pendingin mesin atau thermostat. Lebih baik bermain aman dengan berhenti, daripada teman harus mengambil resiko untuk membeli mesin baru. Atau bahkan mobil baru.

Baca Juga:  5 Tips Menggunakan Aplikasi Navigasi Yang Harus Anda Ketahui

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *