Apa Keuntungan Dari Membeli Mobil Secara Kredit?

Tautekno.com – Memiliki sebuah mobil idaman utk mengangkut seluruh anggota keluarga saat bepergian tentu jadi dambaan banyak orang. Sebagai aset mahal, memiliki sebuah mobil merupakan kemewahan sehingga butuh perjuangan keras utk membelinya. Namun belakangan, membaiknya kondisi perekonomian membuat pertumbuhan pemilik mobil di Indonesia juga semakin meningkat.

Salah satu faktor pendorong pesatnya pertumbuhan kendaraan yang beredar di jalan adalah kemudahan membeli kendaraan secara kredit. Hadirnya perusahaan pembiayaan (leasing) memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan jumlah pemilik kendaraan roda empat tersebut.

Sejak jaman dahulu, sudah diketahui bahwa membeli apa saja sebaiknya adalah dgn cara tunai. Ini sudah menjadi prinsip dasar ekonomi yang akan membebaskan diri seseorang dari utang yang bisa menjadi beban baik secara moril, terlebih materil.

Baca Juga:  Ban Mobil Benjol, Apa Sih Penyebabnya?

1. Keuntungan dari kredit mobil

Ada dua keuntungan utama yang bisa didapat jika membeli mobil secara kredit. Keuntungan pertama adalah biaya pertama atau sering disebut down payment (DP) yang keluar jauh lebih rendah. Hal ini membantu para pembeli yang belum punya uang cukup tetap bisa memperoleh mobil.

Keuntungan kedua adalah soal asuransi. Kalau membeli cash memang Anda masih ada asuransi untuk mobil namun asuransi itu terpisah (mengasuransikan kendaraan sendiri). Lagipula biaya asuransinya juga lebih besar.

2. Kerugian dari kredit mobil

Meski demikian, membeli mobil dengan cara kredit juga punya kerugian. Kerugian yang paling populer adalah uang untuk melunasi hutang. Tidak semua orang bisa secara konsisten mengalokasikan uang untuk melunasi hutang dalam jangka waktu tertentu. Mereka kan harus siapkan sekian rupiah sekian lama.

Baca Juga:  Cek Harga Toyota Yaris Bekas, Mulai Rp 90 Jutaan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *